Curuk Muncar Menjadi Saksi Bisu Legenda Keris Sumelang dan Mpu. Patrang

3
921
SejarahBudaya – Curug Muncar Di Purworejo yang Masih Sangat asri dan Alami, menjadi sensasi tersendiri bagi setiap mata yang memandang. Disesi ini kita akan membahas salah satu potensi wisata di Kab. Banyuwangi. Tempat wisata curug muncar terletak tepatnya di desa kaliwungu kecamatan bruno atau 45 km arah barat laut dari pusat Kab. Purworejo.
Wisata curug muncar adalah air terjun yang berada di ketinggian 900 m diatas permukaan laut. Air terjun ini cukup memukau, sehingga sangat cocok sekali bagi para wisatawan  yang berjiwa petualang. 
Untuk dapat mencapai lokasi Curug di perlukan perjuangan fisik dan mental yang tidaklah mudah, jalan berliku dan penuh bebatuan tajam terhampar disepanjang perjalanan. Namun ketika sampai lokasi,  semua itu akan terbayarkan oleh keindahan tempat wisata ini setelah para wisatawan sampai di Curug. Sepanjang jalan menuju air terjun, pengunjung akan  disuguhi oleh kesejukan air sungai dan udara dingin diareal wisata itu.
Menurut Legenda masyarakat, Curug Muncar pernah dijadikan pertapaan mpu. Patrang, saat hendak merebut keris Sumelang milik Brawijaya, yang dicuri oleh minak Jinggo. Konon dalam tapa bratanya Mpu. Patrang, mendapat petunjuk dari sang pencipta, agar dalam merebut pusaka tersebut, tak perlu ada kekerasan, namun cukup hanya dengan pengelabuhan. Dimana dalam pengelabuan tersebut si mpu, cukup membuat duplikat keris sumelang, yang nantinya akan ditukar dengan yang aslinya. 
Dalam tapa brata tersebut pula mpu. Patrang mendapat beberapa butir batu meteorid yang harus disusupkan dalam keris duplikat buatannya tersebut. Hal ini bertujuan agar Raja Blambangsn tersebut tidak dapat membedakan keaslian dan kepalsuan kedua keris tersebut. Alhasil dengan media bertapa di Curug tersebut mpu. Patrang dapat menunaikAn tugas yang di embannya.
Dari legenda itulah hingga sekarang Curug Muncar dipercaya menjadi tempat mustajab, bagi setiap pengunjung yang memohonkan hajatnya di tempat tersebut. 
Oleh: Nur HM

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here