Seklumit Tata Cara Meditasi, Berproses Untuk Lebih Positif

0
738
Seklumit Tata Cara Meditasi, Berproses Untuk Lebih Positif
SejarahBudaya – Meditasi dalam bahasa Jawa disebut Semeddhi, didalam bahasa Arab dibilang Tafaqqur dan masih banyak lagi perbedaan istilah atau bahasa lain, namun apapun bentuk beda bahasanya, bagi saya tetap mengacu pada kesatuan fokus yang sama.
Sebagian besar orang yang awam tentang Meditasi, menganggap hal tersebut sebagai tindakan tabu, mistis, klenik dan lain – lain. Namun sesungguhnya Meditasi adalah proses kejiwaan, yang mengacu pada kefokusan dan pengendalian Aplikasi hidup, menuju pada titik fokus tertentu. Biasanya banyak difokuskan untuk menuju pada titik alam bawah sadar pribadi, sebelum menuju pada titik fokus ketuhanan.
Disesi kali ini Sejarah-Budaya.com akan menjelaskan tentang cara meditasi, khususnya mengenai cara untuk membuat pikiran anda bisa tenang dan lebih fokus lagi.  Selain itu, ada pula penjelasan tentang berbagai teknik meditasi yang bisa membantu anda meraih hasil maksimal, dan cara untuk mengoptimalkan efek meditasi, seperti dengan menanda. 
akan musik meditasi dan aroma terapi.
Untuk menyenangi hal ini,
pertama~ harus  menjadikan Meditasi Sebagai Aktivitas yang rutin. Di Pagi Hari, Biasakanlah untuk melakukan meditasi setelah anda bangun tidur, sebelum anda melakukan hal-hal lain seperti menyiapkan sarapan atau membereskan kamar tidur anda.
 Mengawali aktivitas anda dengan meditasi bisa membuat anda merasa tenang sepanjang hari sekaligus menyingkirkan mimpi-mimpi buruk yang anda alami selama anda tidur semalaman.  Secara psikologis, melakukan meditasi di pagi hari juga terbukti efektif untuk mengurangi rasa khawatir, cemas, dan takut menghadapi hari yang baru.
Kedua~ Mulailah Meditasi Dengan Fokus Pada Pernapasan. Inti utama dari meditasi adalah cara anda bernafas.  Awalilah meditasi anda dengan berfokus pada cara anda bernafas.  Bernafaslah dengan pelan, ambil nafas dalam-dalam dari hidung, hingga tak bersuara,  hembuskan secara perlahan, dan rasakan iramanya seiring dengan merasakan detak jantung anda.  Jika pernapasan sudah bisa diatur dengan baik, maka anda sudah menapaki 50 persen tahap meditasi.
Ketiga~ Lakukan Sedikit Pemanasan Sebelum Meditasi, Hal ini bisa membuat tubuh anda merasa lebih nyaman ketika harus duduk fokus saat melakukan meditasi.  Ada beberapa pemanasan yang sangat membantu proses meditasi, di antaranya adalah “stretching”.  Proses ini bisa dilakukan sambil berbaring atau duduk, dan ingat untuk tidak melakukannya secara berlebihan karena bisa membuat anda justru kelelahan sebelum bermeditasi.
Keempat~ Meditasi adalah MEMFOKUSKAN pikiran, bukan mengosongkan pikiran, Konsep ini usahakan harus dipahami bagi anda yang baru akan melakukan meditasi. Karena Meditasi adalah sebuah proses aktif yang akan bermanfaat apabila anda fokus pada tujuan.  Lakukanlah meditasi sebagai aktivitas dengan tujuan tertentu, misal untuk menenangkan pikiran, relaksasi, atau menghilangkan stress.  Jangan mengosongkan pikiran pada saat meditasi. Disarankan  justru anda harus fokus pada satu hal, misal irama nafas anda, detak jantung anda, atau mungkin figur pribadi anda
Kelima~ Disiplin Cobalah untuk melakukan meditasi secara rutin agar manfaatnya lebih terasa.  Jangan mudah untuk mencari-cari alasan untuk melewatkan meditasi harian anda.  Dengan melakukan meditasi secara disiplin, anda tidak hanya akan merasakan manfaat secara psikologis, namun juga secara fisik.
Keenam~ Eksperimen Cobalah untuk melakukan berbagai eksperimen dalam teknik meditasi anda.  Cobalah untuk bermeditasi dari teknik yang paling konvensional seperti bersila, hingga telnik-teknik yang lebih spesifik seperti dalam Meditasi Yoga, Meditasi Cakra, atau Meditasi Lotus.  Selama eksperimen, anda akan menemukan teknik meditasi yang mungkin paling nyaman bagi anda dan bisa digunakan untuk jangka panjang.
Ketujuh~ Sediakan Tempat Khusus Untuk MeditasiTak perlu satu ruangan besar, mungkin hanya di salah satu pojok kamar anda, atau di sudut tertentu teras rumah.  Dengan melakukan hal ini, anda tentunya akan bisa lebih fokus dalam melakukan meditasi dan akan merasa melakukan kegiatan yang lebih spesial.  Pastikan pula untuk menjaga kebersihan ruangan meditasi anda dari berbagai kotoran dan debu.
Kedelapan~Nyalakan LilinTeknik atau dupa, hal ini berguna sekali untuk meningkatkan fokus anda.  Terutama bagi pemula, berfokus pada satu titik dengan mata terpejam akan sedikit susah.  Untuk mengakalinya, anda bisa menyalakan sebatang lilin /dupa dan menjadikannya sebagai titik fokus pandangan mata anda selama bermeditasi.  Akan lebih baik jika anda membeli lilin /dupa yang menebarkan aroma terapi jika dinyalakan.
Kesembilan,~  Manfaatkan Musik Meditasi, Ada banyak musik-musik meditasi yang bisa membantu anda lebih merasa nyaman dalam meditasi.  Ada yang berupa instrumental, nyanyian,, ada pula musik suara alam yang membuat anda seolah-olah sedang bermeditasi di tengah hutan.  Pilih satu musik yang bisa membuat anda benar-benar bisa merasa rileks saat melakukan meditasi.
Terahir ~ Nikmati Proses Meditasi,  AndaJangan merasa stress atau terbebani.  Jangan terburu-buru pula untuk menilai hasil meditasi anda.  Ingat, meditasi adalah sebuah proses jangka panjang yang manfaatnya akan terasa secara signifikan apabila anda melakukannya secara teratur.  Pastikan untuk menjadikan meditasi sebagai aktivitas yang menyenangkan di tengah kesibukan harian anda.
“Semua berasal darinya dan akan kembali pula kepadanya” Semoga manfaat.
Oleh: Nur HM
Baca Juga:  PAKAI GIGI NETRAL DAPAT MERUSAK KOMPONEN TRANSMISI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here