Masjid Tertua Dan Bersejarah

0
425

Masjid Larabanga dan keunikannya.

Masjid Larabanga adalah salah satu masjid eksotis khas Afrika yang terbuat dari lumpur khas benua Afrika yang masih ada sampai sekarang. Masjid tertua yang bersejarah dan berarsitektur Sudan kuno ini terdapat di kampung Larabanga, Republik Ghana, tepatnya Benua Afrika.

Pasalnya, Masjid tersebut terdapat ciri khas, arsitekturnya berukuran segiempat dan tak terlalu besar, mirip seperti surau di Indonesia dengan ukuran 8×8 meter. Dilengkapi dengan pilar-pilar yang menopang atapnya, ditambah lagi dengan pilar yang menjulang ke atas.

Selain bentuknya yang unik, hal lain yang menarik seputar Masjid Larabanga adalah adanya beberapa kontroversi terkait kapan pastinya masjid ini dibangun.

Beberapa sejarah mencatat bahwa Masjid Larabanga dibangun pada tahun 1421 M. Diriwayatkan bahwa ada seorang saudagar Muslim bernama Ayuba yang telah membangun masjid ini secara misterius.

Di salah satu pintu masuknya, tepat sebelah kiri tumbuh kokoh bediri pohon ‘baobab’ yang sangat besar dan dilestarikan hingga kini. Dibawah pohon inilah sang pendiri masjid ini Ayuba di makamkan.

Masjid ini termasuk yang memiliki nilai sejarah yang tinggi dan ada di dalam daftar 100 situs dunia yang harus diselamatkan versi “The World Monuments Fund’s”.

Baca Juga:  Selamatkan Aset Negara, Benarkah Supriyadi Lari ke Bondowoso..?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here