PAKAI GIGI NETRAL DAPAT MERUSAK KOMPONEN TRANSMISI

1
718

Mobil manual maupun matik selalu dimulai dari gigi netral sebelum berjalan, hal ini sudah menjadi kewajiban setiap pengemudi. Namun, kebiasaan tersebut akan menjadi buruk dan merugikan manakala digunakan pada saat mobil melaju pada jalur jalan menurun.

Kebiasaan pengemudi yang memakai gigi netral saat melewati jalanan menurun dan hanya mengandalkan rem untuk menahan laju kendaraan sangatlah tidak dianjurkan.

Penggunaan gigi netral dalam posisi yang salah bisa merusak komponen transmisi pada mobil.

Menurut salah satu mekanik mobil Andi Nouval, kebiasaan pakai gigi netral di jalan menurun adalah kebiasaan buruk, baik itu mobil manual maupun matik.

“Cara itu salah. Kalau sering dilakukan, bisa-bisa transmisi jebol, karena ada pompa oli dan alat lain yang berhubungan, tidak bekerja dengan maksimal,” tutur mekanik ternama di Bondowoso.

Untuk mobil manual, saat melewati jalanan menurun sebaiknya pakai gigi 2 atau 1 agar deselerasi lebih enteng karena ada tambahan engine brake.

Sedangkan untuk mobil matik, posisi transmisi ke L (Low), jangan D.

Sedang saat jalanan menanjak, posisikan transmisi mobil matic pada L

Kedua; memposisikan transmisi di D (Drive) saat berhenti sebentar di lampu merah atau saat macet. Disarankan juga untuk beralih ke posisi transmisi N (Netral) dan injak rem untuk menahan laju mobil.

Ketiga, memposisikan transmisi di P (Parking) saat berhenti sebentar di lampu merah atau saat macet, bukan pakai gigi netral atau posisi N. Ini akan membebani kinerja gearbox dan mesin. Transmisi P hanya digunakan saat mobil berhenti lalu mesin dimatikan.

“Jangan menggunakan rem parkir, tapi injak pedal rem. Dengan menekan pedal rem kaki membuat pengemudi tetap waspada dan tidak melakukan kegiatan lain selain mengemudi. Pengemudi berkonsentrasi terhadap sekeliling kendaraan. Menekan pedal rem juga membuat lampu kendaraan di belakang menyala sehingga membuat waspada pengemudi lain di belakang kendaraan.

Baca Juga:  Ini Penyebab dan Solusi Trouble Shooting Transmisi Pada Mobil Manual

Tuas P transmisi matic hanya digunakan saat mobil parkir dan mesin dimatikan, setelah itu tarik rem tangan,” tutup Andi. (dats)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here