Beranda Artikel Ungkap Rahasia Tape Kuning Bondowoso Menjadi Legid Dan Muaaniz

Ungkap Rahasia Tape Kuning Bondowoso Menjadi Legid Dan Muaaniz

7
3501

Tape singkong khas Bondowoso merupakan salah satu makanan tradisional yang sudah melegendaris di Indonesia bahkan di mancanegara. Jenis makanan atau camilan yang satu ini, juga sangat digemari lidah orang Indonesia maupun luar negeri.

Slain jenis yang beragam, hasil olahannya pun juga cukup banyak dan mudah untuk ditemui diberbagai kota di seluruh Indonesia, utamanya di Bondowoso. Walau rata dapat ditemui di persada Nusantara ini, Tape Bondowoso cukup memiliki tekstur, jenis dan rasa yang berbeda dengan tape daerah lainnya. Bahkan konon Tape Bondowoso tidak akan pernah sama terutama dalam rasa, saat di buat di daerah lain, sekalipun dengan resep yang sama.

Oleh sebab itu, kota Bondowoso sejak jaman dahulu telah dikenal dengan julukan kota tape. Banyak asumsi yang menyatakan tanah media tanam singkong di Bondowosolah yang memiliki keistimewaan tersendiri.

Pada dasarnya ada dua jenis tape yang paling banyak ditemui sekarang ini yaitu, ada tape singkong dan juga tape beras ketan. tape singkong adalah tape yang terbuat dari hasil fermentasi singkong, sehingga membuat singkong menjadi lembut dan memiliki rasa yang cukup unik. Makanan khas ini, banyak memiliki nama yang beragam. Di Bondowoso terkenal dengan nama Tapai, di Bandung Peuyeum dan lain sebagainya. Sedangkan tape ketan hitam adalah minuman yang terbuat dari kombinasi tape singkong + air tape dengan ketan hitam.

Untuk proses pembuatan tape sendiri tergolong cukup mudah. Pada kesempatan kali ini sejarah-budaya.com akan khusus membahas tentang resep rahasia pembuatan tape singkong khas Bondowoso.

Adapun proses pembuatan tape singkong khas Bondowoso ini, terbilang mudah, bahan yang perlu Anda persiapkan antara lain adalah.

Alat

  1. Entong Kayu

  2. Panci

  3. Tampah

  4. Kompor

  5. Kantung Plastik (atau daun pisang).

Baca Juga:  Ungkap Penemuan Situs Majapahit di Bumi Megalitikum Bondowoso

Bahan

  • 1 Kg singkong

  • 500 ml air panas

  • 1 ½ liter air

  • 4 butir ragi tape halus

  • 7 sdm gula pasir

  • 3 sdm pasta pandan

CARA PEMBUATAN TAPE SINGKONG

Cuci bersih tiap alat maupun singkong yang akan digunakan untuk proses pembuatan tape

Rendam singkong ke dalam 1 ½ liter air dan tambahkan 3 sdm pasta panda setelah itu diamkan selama kurang lebih 12 jam.

Tiriskan singkong dan dilanjutkan dengan mengukus hingga sampai mengeluarkan uap.

Siram dengan 500 ml air panas dan kukus kembali dengan waktu kurang lebih 25 menit

Angkat singkong dari tempat pengukusan dan letakan di tampah selanjutnya diamkan hingga dingin.

Taburi secara merata ragi dan gula (campur ragi dan gula terlebih dahulu)

Setelah ditaburkan secara merata ragi dan gula, bungkuslah singkong dengan plastik ataupun daun pisang yang telah dipersiapkan

Simpan di tempat yang hangat

Biarkan selama kurang lebih 3 hari untuk hasil yang maksimal

Setelah kurang lebih 3 hari maka tape singkong pun telah siap. Bagaimana, mudah kan untuk membuat tape tersebut. Cobalah Anda untuk membuat sendiri di rumah. Jangan lupa untuk mengikuti cara diatas, untuk bahan Anda mungkin bisa bereksperimen sendiri. Itulah cara dan resep untuk membuat tape singkong. Semoga bermanfaat. (dats)

7 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here