Handrem Mobil Tidak Berfungsi…? Solusinya Mudah Sekali

0
1718

Handrem atau Rem tangan merupakan jenis rem pada mobil yang memiliki fungsi menjaga agar kendaraan anda tidak tergelincir saat akan di parkirkan. Tak hanya itu saja, rem tangan ini juga berfungsi saat anda akan memberhentikan mobil anda pada waktu yang cukup lama dari 5 menit hingga beberapa jam. Rem tangan ini biasanya berada di tengah-tengah antara bangku depan.

Komponen ini biasanya dioperasikan dengan cara ditarik keatas agar dapat menghentikan jalannya roda.

Karena fungsinya tersebut, maka rem tangan ini akan sangat penting dalam sebuah kendaraan. Sehingga jika rem tangan kurang pakem, maka tentunya akan sangat membahayakan anda yang sedang memarkirkan kendaraan ataupun berhenti di jalanan yang menanjak atau miring.

Untuk itu penyetelan rem tangan sangat diperlukan jika dirasa kondisi dari rem tangan kurang begitu baik. Biasanya penyetelan ini juga dilakukan ketika kondisi rem tangan dirasa terlalu tinggi ketika menarik tuas. Sedangkan penyetelan rem tangan pada mobil matic biasanya dikarenakan ketika pedal rem yang ada di kaki kiri dirasa terlalu dalam.

Untuk menyetel rem tangan mobil, anda bisa langsung membawa ke bengkel terdekat. Namun, sebenarnya menyetel rem tangan mobil bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah, nah berikut ini cara menyetel rem tangan mobil yang baik dan tepat.

1. Persiapkan Alat-Alat Yang Dibutuhkan

Sebelum memulai menyetel rem tangan mobil anda, maka hal pertama yang perlu anda lakukan menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan. Berikut ini beberapa peralatan yang diperlukan, antara lain adalah:

Dongkrak, yang digunakan untuk mengangkat mobil, Kunci roda atau bisa kunci 21 yang digunakan untuk membuka mur roda.Kunci 12 Shock Stang rachet, Anti Karat, Baut 12 mm, Obeng minus.

Baca Juga:  Ini Penyebab dan Solusi Trouble Shooting Transmisi Pada Mobil Manual

2. Membongkar Rem Tromol Roda Belakang

Pertama kali parkir kendaraan anda pada posisi yang rata, hal ini untuk menjaga keamanan. Jika perlu tambahkan pengganjal roda dan kemudian tarik rem tangan.Kendurkan mur yang ada di roda belakang, secukupnya saja sebelum anda mengangkat mobil.Dongkrak mobil hingga roda tidak akan menyentuh tanah namun tidak perlu terlalu tinggi jarak antara roda dengan tanah. Kemudian, buka mur roda yang sebelum sudah dikendurkan, setelah itu bukalah roda belakang.

3. Cara Membuka Drum Brake

Setelah roda sudah terbuka, maka anda bisa masuk ke dalam kabin dan membebaskan ataupun menurunkan rem tangan.Setelah rem tangan tersebut diturunkan, maka putar drum brake. Jika drum brake dapat digoyangkan serta ditarik dengan mudah maka anda bisa melewati langkah ini.Kemudian semprotkan anti karat pada celah yang ada di mur roda serta hubungan roda. Hal ini dikarenakan karat akan mudah terlihat pada bagian tersebut.Tunggu beberapa menit hingga cairan karat meresap di antara tromol dan celah hubungan roda.Kemudian masukkan baut berukuran 12 mm ke dalam lubang berulir yang berukuran sama. Setelah itu putar baut tersebut searah dengan jarum jam dengan menggunakan kunci 12, atau anda juga bisa menggunakan kunci 12 kombinasi atau kunci shock hingga drum bake dapat tertarik keluar.Lepas drum brake dan kemudian bukalah kembali baut 12 mm tadi untuk dapat mengeluarkan drum brake.

4. Menyetel Rem Tangan Mobil

Setelah anda melakukan penyetelan pada brake shoe, maka jangan lupa untuk memeriksa ketebalan pada kampas rem. Jika kondisinya kurang dari 1-2 mm, maka akan lebih baik jika mengganti kampas rem tersebut.Gunakan obeng minus untuk memutar ke atas pada gigi penyetel.Biasanya akan terdengar bunyi “klik” pada saat sedang diputar. Kira kira hingga terdengar 5-10 kali bunyi “klik”. Pada saat kondisi disetel ini maka sepatu rem bisa mengembang. Masukkan drum brake dan pastikan jika drum brake bisa mudah masuk. Jika tidak, maka kampas rem tersebut terlalu keluar ataupun putaran penyetelan terlalu banyak. Sehingga kurangi beberapa putaran pada gigi penyetel dengan memutar dari arah sebaliknya.

Baca Juga:  Urutan Kabel Busi Tidak Selamanya Berputar Searah Jarum Jam

Kemudian masukkan lagi drum brake dan pastikan jika dapat berputar dengan mudah. Jika tidak maka akan menyebabkan timbulnya suara “dug dug” yang menganggu saat mobil mundur.Kemudian pasang kembali roda pada posisinya yang benar dan kencangkan mur pada roda. Kemudian masuklah ke kabin mobil dan kemudian lakukan pengecekan berapa kali bunyi “klik” saat anda menarik tuas rem tangan. Biasanya akan ada sekitar 6-7 klik setelah dilakukan penyetelan rem.

Nah itu tadi penjelasan mengenai cara menyetel rem tangan mobil yang tepat dan bisa anda lakukan sendiri di rumah. Karena fungsinya yang cukup penting, jangan lupa pula untuk merawat rem tangan mobil agar kondisi tetap baik. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda. (dats)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here