Keramat Sumur Tua Joko Tole Juga Tongkat Kayu Kelor

0
3394

Joko Tole, adalah putra dari Potre Mining melalui pernikahan batin dengan R. Adi Today. Setelah dilahirkan, Joko Tole kecil diasuh oleh pande keris bernama mpu. Keleng. Sepak terjang Joko Tole sudah cukup diketahui banyak terutama oleh masyarakat Madura.

Hingga akhir hayatnya, Joko Tole meninggal dan dikebumikan di Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep, Pulau garam Madura.

Kali ini, sejarah-budaya.com akan mendalami misteri sumur tua di belakang makam R. Joko Tole. Sumur yang berukuran lebih kurang 2 meter persegi dan dengan kedalaman sekitar 9meter itu, konon dipercaya banyak orang dibuat sendiri oleh R. Joko Tole.

Menurut juru kunci makam H. Yasin 56, sumur tua itu dulunya dibuat hanya dengan mengeruk tanah dengan tangan R. Joko Tole. Sang Raden membuat sumur, dikarenakan di tempat tersebut gersang dan sulit air.

Hingga pada suatu ketika setelah sumur jadi, Joko Tole bermimpi diperintah orang tua asuhnya untuk memandikan kuda tersebut di sumur buatannya itu. Menganggap mimpi tersebut adalah pertanda akan adanya bencana kekeringan panjang maka, Joko Tole meminta petunjuk sang pencipta untuk jalan keluarnya.

Dalam tapa bratanya didalam sumur, sang Raden mendapat petunjuk dengan menancapkan / menanam tongkat kayu kelor di atas bibir sumur niscaya, sumur buatannya itu akan menjadi penangkal kekeringan.

Usai menyudahi tapanya, Joko Tole langsung melaksanakan petunjuk sang pencipta dengan menanam tongkat kelitnya dibibir sumur. Benar saja setelah satu sasi dari adanya petunjuk tersebut, daerah tersebut dilanda kekeringan yang mengakibatkan masyarakat Sumenep dan sekitarnya kalang kabut kesulitan mencari sumber mata air.

Meski tidak semua penduduk dapat manfaat dari sumur Joko Tole namun, setidaknya hampir separuh penduduk kala itu, dapat menggunakan air dari sumur tersebut.

Baca Juga:  Pura Agung Blambangan, Cikal Bakal Umat Hindu di Pulau Bali

Hingga saat ini, tampak sebagian penduduk sekitar makam masih memanfaatkan sumur tua itu dengan menarik airnya dengan alat penyedot air. (dats)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here