Beranda budaya Legendaris Tong-tong Asli Bondowoso “New Ikawasa”

Legendaris Tong-tong Asli Bondowoso “New Ikawasa”

0
850

Seni musik Daerah legendaris asli Bondowoso “Tong-tong” New Ikawasa yang bermarkas di Jl. Santawi Kel. Tamansari Kec/Kab. Bondowoso, Jawa Timur ini, merupakan sebuah perkumpulan Organisasi insan Seni, yang anggotanya terdiri dari kumpulan berbagai penjuru pelosok kota yang berjuluk Republik Kopi atau Kota Tape.

Demi mempererat solidaritas antar anggotanya, perkumpulan tersebut mengadakan rutinitas pertemuan setiap minggunya, dengan giat acara latihan bersama, arisan, dan musyawarah.

Menurut Owner Tong-tong Bondowoso Bapak Sugianto, musik Tong-tong ini sebenarnya berasal murni dari kota tape Bondowoso. Hal ini mengacu pada bukti babat Bondowoso yang dilakukan Raden Bagus Asrah Ki Ronggo. Dimana, dalam babatannya yang menyertakan musik tong-tong meliputi dari Bondowoso hingga ke Puger Jember.

Hingga saat ini, Musik Tong-tong cukup dikenal publik sebagai kesenian yang lahir di Jember. Hal ini dikarenakan setelah Ki. Ronggo bermukim di Tanggul, eksistensi patrol di Bondowoso mulai mengendor dan lebih eksis di Tanggul-Jember.

“Oleh karena itu bersama dengan rekan seni lainnya, pada tahun 1985 kami mulai meng eksiskan kembali kesenian ini dengan nama musik patrol RETAM (Remaja Tamansari). Karena berbagai hal grup tersebut hanya mampu bertahan 6 Tahun,” ungkapnya.

Masih Sugianto, “Setelah lama tenggelam dari kancah kesenian nusantara, pada tahun 2016, saya mulai perlahan mengembangkan kesenian ini dengan membentuk kembali perkumpulan Musik Patrol dengan nama Ikawasa (Ikatan Warga Santawi). Saya berharap semoga Kesenian asli Nusantara ini dapat selalu lestari hingga akhir masa nanti. Sehingga anak cucu negri ini kelak juga dapat menyaksikannya,” tutup owner Ikawasa.

Dapat kita simpulkan, kesenian yang memiliki nilai histori dan sejarah tinggi ini merupakan sebuah kreatifitas asli putara bangsa yang wajib kita kembangkan dan lestarikan bersama. Sehingga Ruh seni bangsa yang arif ini tidak mudah punah atau diakui bangsa lain. (dats)

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan