8 Manfaat Ampas Kopi, Atasi Masalah Dalam Hidup

0
683

Kopi atau wedang (jawa red-) merupakan minuman yang dikonsumsi sehari-hari biasanya, agar mengurangi rasa kantuk atau memang sekedar dapat membasahi cita rasa lidah. Bahkan, tak jarang seseorang jika tidak minum kopi dalam sehari, hidupnya terasa kurang lengkap atau yang terparah dapat menimbulkan pusing. Walau begitu, kebanyakan seseorang hanya minum air sarinya saja. Sedang ampas dari kopi tersebut mayoritas dibuang begitu saja.

Kali ini sejarah-budaya.com akan mengupas fungsi bubuk ampas kopi yang ternyata masih sangat kaya akan protein dan vitamin yang berfungsi dalam mengatasi berbagai masalah kehidupan seseorang. Berikut beberapa fungsi dari ampas kopi yang menakjubkan.

1. Sebagai lulur, agar wajah tampak selalu awet muda.

Caranya, campurkan satu sendok bubuk ampas kopi yang telah dikeringkan, lalu tambahkan dua tetes minyak zaitun, aduk rata hingga berubah menjadi lulur. Setelah itu, lulurkan pada bagian kulit wajah hingga rata bagai memakai masker, (satu takaran diatas untuk sekali pakai). Lakukan cara tersebut ketika menjelang tidur selama 7 hari berturut-turut. Dengan demikian, anda akan merasakan perbedaan dan melihat efek revitalisasi di bagian wajah menjadi kencang bagai memakai susuk pemikat. Hal ini juga dapat mengurangi selulit di bagian lain dari tubuhmu.

2. Mengurangi bau amis ditangan

Proses masak-memasak terkadang memaksa anda untuk meninggalkan bau sisa makanan di tangan, seperti bau ikan, bau bawang, dan bau bahan masakan lainnya. Kamu bisa menggunakan bubuk ampas kopi untuk menghilangkannya, dengan cara mengoleskan bubuk kopi basah pada seluruh permukaan kulit tangan, lalu bilas bersih dengan air. Dengan begitu, tangan akan terasa lebih segar. Istimewanya, bubuk kopi juga bertindak sebagai exfoliant untuk membuat tangan agar lebih halus dan bersih.

Baca Juga:  ORGONITE Jimat Anti Radiasi Rasional

3. Menghilangkan bau pada Westafel

Terkadang, bau wastafel yang tidak tertahankan memaksamu untuk membersihkan setiap hari. Yang kamu butuhkan adalah sebuah botol kecil dan bubuk ampas kopi yang telah dikeringkan. Kemudian cukup dengan meletakkannya di dekat wastafel dan dalam waktu semalam saja bau tidak sedap pun akan menghilang. Coba deh!

4. Membuat rambut agar lebih hitam dan bersinar

Perawatan ini dapat kamu gunakan untuk membentuk rambut lebih bersinar dari sebelumnya. Selain itu, bubuk kopi juga dapat menghindari rambut agar tidak cepat rusak usai pemakaian hair spray atau gel rambut. Caranya, 100 g ampas kopi yang telah dikeringkan, campur dengan 50 ml minyak zaitun. Setelah tercampur rata, barulah dibuat shampo.

5. Mengembalikan warna funiture kayu
Yang hanya perlu kamu lakukan adalah menggosok beberapa bagian tanda goresan yang kamu lihat di kursi, lemari, atau meja kayu dengan ampas kopi basah. Cara ini sangat sederhana dan mudah namun, dengan hasil yang menakjubkan. Lalu, cara ini juga akan menghilangkan warna yang tidak diinginkan pada furnitur kayu.

6. Sebagai pengharum ruangan

Cukup menempatkan ampas bubuk kopi setengah basah yang dibalut kain dekat pendingin ventilasi udaramu. Setelah itu, kamu akan mendapati rumahmu harum seperti kafe kopi. Selain itu, jika kamu baru mengecat beberapa bagian dari tembok rumah dan ingin menghindari bau cat baru, kamu dapat menggunakan bubuk kopi untuk mengatasinya.

7. Menetralkan bau tak sedap di kulkas
Jika kamu tidak memiliki baking soda untuk menghilangkan bau tidak sedap di kulkas, kemudian cobalah bubuk kopi untuk menutupi bau agar terasa sedikit lebih menyenangkan. Bubuk kopi bisa kamu jadikan pilihan untuk menjadi pewangi kulkas.

Baca Juga:  Tasawuf, Kita Hidup Mengambil Manfaat Dari Yang Mati

8. Sebagai kompos tanaman

Ampas bubuk kopi menghasilkan kompos yang terbaik. Bubuk kopi kaya akan nitrogen dan dapat menarik cacing. Ini berfungsi untuk membantu meningkatkan jumlah air dan oksigen di dalam tanah. (dats)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here