Lestarinya Tugu Basuki di Bondowoso, Bukti Nyata Masyarakat Tidak Lupa Sejarah

0
1124

Tugu Basuki yang terletak di sebelah barat alun-alun Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur ini, merupakan saksi bisu kematian tokoh pejuang yang mempertaruhkan nyawanya demi membela tanah air dari penjajah.

Tugu Basuki sendiri dilatari dari kisah tokoh pejuang bernama Raden Basuki seorang Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP) yang dengan sengit berjuang melawan penjajah hingga akhirnya disiksa dan terbunuh oleh segenap anggota Koninkklijke Nederlands Indische Leger (KNIL).

Untuk menghargai jasanya sebagai pahlawan, masyarakat kala itu bergotong royong membangunkan sebuah tugu yang pada tahun 1981 diresmikan oleh Letkol Inf. Soetomo Dandim 0822 Bondowoso pada masa itu.

Tugu Basuki berdiri kokoh dengan ciri khas didampingi 5 buah bendera merah putih ini, melambangkan Falsafah dasar negara Indonesia yaitu 5 sila Pancasila dan NKRI yang memiliki nilai Harga Mati. Dibagian bawah tugu terukir 17 bunga teratai yang melambangkan arti sebuah kesucian tugas, kemakmuran rakyat dan kemerdekaan RI pada tanggal 17.

Bagian tubuh tugu yang menjulang keatas dan berbentuk segi delapan ini melambangkan bulan 8 yakni Agustus. Dan pada puncak tugu berbentuk api berkobar dengan guratan sebanyak 45 yang melambangkan tahun 1945 dan simbol semangat juang yang tak pernah padam dalam membela negara.

Hingga saat ini, keberadaan tugu tetap dijaga dan dilestarikan baik oleh masyarakat sekitar, maupun pemerintah setempat dan bahkan setiap tahunnya tugu ini, mendapat perlakuan istimewa dalam pemugarannya. Hal ini terbukti dari masa ke masa selalu tampak adanya perubahan kostum pada sang tugu. Selain itu, juga menunjukkan bahwa semangat juang masyarakat utamanya generasi pejuang Tamanan sebagai generasi bangsa, tidak pupus tergerus oleh moderenisasi jaman.

Mereka utamanya pemuda di kecamatan Tamanan yang tergabung dalam komunitas Bangkit Bersama Rakyat (B2R) sadar betul, akan pentingnya mengingat dan melestarikan peninggalan masa lalu bangsa. Karena, suatu negara akan segera runtuh mana kala orang -orang didalamnya mulai melupakan sejarah.

Baca Juga:  Masjid Tertua Dan Bersejarah

Menurut Yudie atau yang akrab disapa kang Nyot salah satu pemuda yang sekaligus aktifis di desa Tamanan mengatakan, “Selain sarat akan sejarah yang pernah terjadi, tugu ini wajib kita lestarikan dan menjadi kebanggaan sebagai ikon daerah. Dimana, dengan adanya tugu Besuki yang mirip tugu monas ini, daerah Tamanan umumnya Bondowoso menjadi replika kecil Ibu kota Indonesia. Hal ini pulalah yang seharusnya dijadikan motifasi bagi segenap generasi agar tidak melupakan sejarah,” ungkapnya. (dats)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here