Beranda kesehatan 7 Manfaat Air Embun Hingga Atasi Kebotakan

7 Manfaat Air Embun Hingga Atasi Kebotakan

0
1550

Proses berubahnya gas yang menguap ke udara menjadi cairan bisa disebut Air Embun. Proses ini biasanya terjadi pada malam hari dan baru muncul pada pagi hari. Adanya kemunculan air embun tersebut biasa terlihat dibeberapa media misalnya, kaca jendela atau di atas daun. Sebenarnya, air embun adalah air tanah yang menguap ke angkasa dan mengendap, proses pengembunan ini disebut dengan proses destilasi.

Embun memang sering terjadi dibeberapa negara tropis salah satunya Indonesia. Terlebih jika dibandingkan dengan negara yang memiliki 4 musim, Indonesia lebih memiliki kelembaban yang tinggi, di atas 60%. Di samping itu, Indonesia terbilang ideal untuk mendapatkan air embun yang banyak, karena negara ini adalah negara kepulauan. Karena prosesnya yang demikian, air embun bisa digolongkan sebagai bio air murni.

Memang tubuh manusia sangat membutuhkan air karena, sebanyak 70% dari tubuh manusia terdiri atas air. Bahkan air bisa dibilang merupakan kunci kesehatan dari semua fungsi tubuh, seperti jantung, sirkulasi darah, pencemaran, tulang dan sendi, otot, metabolisme tubuh, kelenjar keringat, syaraf, dan lain-lain.Setiap hari, seseorang dianjurkan untuk mengkonsumsi air mineral 500 cc hingga 2 liter. Mineral organik didapatkan dari hewan dan tumbuhan, sedangkan mineral an-organik seperi chlorine, alum, dan sodium, serta yang lainnya bisa didapatkan dari air biasa. Dan hanya mineral organik yang dapat diserap oleh jaringan dan dibutuhkan oleh tubuh.

Sementara mineral an-organik selain tidak bisa diserap oleh tubuh, juga merugikan kesehatan. Dan, air sendiri melarutkan mineral yang disebut padatan terlarut, yang belum tentu berguna bagi tubuh. Sebab konsumsi terus-menerus mineral an-organik dapat menyebabkan kerusakan organ karena, mineral yang menumpuk ini lama kelamaan akan menyebabkan kerusakan fungsi organ.

Baca Juga:  Kupas Mangga Jangan Dibuang Kulitnya, Yuk Klik Buat Yang Loyo di Ranjang

Air yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia adalah air murni yang artinya, bebas dari kandungan paretikel padat serta mineral an-organik. Mineral sendiri dibedakan menjadi 2 macam, yakni mineral organik dan mineral an-organik.
Sudah sejak zaman dulu, para leluhur terbiasa mengkonsumsi air embun.

Belakang diketahui jika hal tersebut ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Air yang diembunkan semalaman sampai awal hari umumnya mempunyai rasa yang lebih sejuk serta fresh. Beberapa orang masa dahulu yang yakin bahwasanya air embun mempunyai khasiat yang benar-benar baik untuk badan manusia. Walau air ini tidak sering diminum dalam keperluan keseharian, tetapi tidak ada kelirunya mencoba air ini.

Baca juga:Manfaat Daun Jambu Biji

BERIKUT INI ADALAH MANFAAT – MANFAAT DARI AIR EMBUN YANG BERGUNA BAGI TUBUH KITA

  1. MEMBERI KESEGARAN UNTUK TUBUH
    Sebagaimana air umumnya, sudah pasti air embun bakal berikan perasaan fresh pada badan Anda. Tetapi di samping itu, air embun dapat menyejukkan sisi dalam badan. Umpamanya Anda barusan tidur larut malam sampai subuh, sekurang-kurangnya dengan minum air yang diembunkan, pikiran Anda dapat lebih fresh.

  2. MELANCARKAN BAB
    Jika anda mengalami susah BAB, mungkin anda mencoba mengembukan air kemudian diminum. Setelah minum air ini ,anda akan emrasakan sensasi rasa mulas yang memnandakan anda siap BAB. Hal ini sudah terbukti aman karena ini manfaat alami dan anda hanya butuh adaptasi saja.

Baca juga: Manfaat Buah Nangka

  1. MENGATASI MASALAH KULIT
    Selain mengobati bagian dalam dengan cara diminum, dapat digunakan juga mengobati maslah kulit seperti jerawat atau kulit berminyak. Karena kandungan air yang diembukan mengandung oksigen lebih banyak sehingga baik untuk kesehatan kulit. Caranya cukup mudah, hanya usapkan air ke wajah. Rahasia kecantikan seperti ini pula, yang banyak di terapkan oleh para artis dan model Indonesia secara rutin. Meski telah banyak produk-produk kosmetik/ obat-obatan yang beredar untuk kulit/ kecantikan, tapi tetap saja tidak akan mengalahkan yang alami, karena yang alami itu memang lebih baik. Bagi seorang yang ingin merawat kulit dan tubuh, disarankan untuk lebih memilih treatment alami air embun, untuk mewujudkan hal yang terbaik tentu tidaklah selalu sulit dan mahal, tak ada salahnya bagi Anda untuk menerapkan kebiasaan baik tersebut. Toh selain murah juga sangat mudah untuk dilakukan.

  2. MENEMTRAMKAN DIRI
    Dengan minum air embun, Anda dapat bikin diri Anda lebih tenang. Lantaran manfaat air embun yang baik untuk badan, Anda juga jadi lebih sehat serta terasa tambah baik.

  3. MEMBUAT LEBIH SEMANGAT DALAM MEMINUM AIR PUTIH
    Karena rasanya lebih segar, sejuk dan banyak manfaa , tentu kelebihan ini akan memberikan rasa ketagihan pada anda. Dan memang kita perlu minum air putih untuk mengurangi zat beracun dalam tubuh.

  4. MENINGKATKAN EFISIENSI TUBUH
    Beberapa ahli kesehatan juga menyebutkan jika para atlet ternyata juga kerap mengkonsumsi air embun, sehingga mereka dapat meningkatkan, efisiensi tubuhnya, yaitu 20-30% lebih efisien. Yang artinya, kerja ginjal menjadi lebih ringan

  5. MENGATASI RONTOKNYA RAMBUT
    Kandungan air embun ini, dapat dijadikan sarana mengatasi kerontokan rambut dengan cara membasahi kulit kepala dengan embun setiap pagi. Bahkan beberapa pakar rambut pernah memfermentasikan air embun selama 2 minggu. Hingga hasil fermentasi tersebut digunakan pada orang yang sudah mengalami kebotakan menahun.

Baca Juga:  Sirami Air Wangi di Atas Tanah  Pemakaman Sunnah Agama

BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN AIR EMBUN ?

DARI POHON

  1. taruh segelas air di bawah pohon besar pada malam hari, keesokan paginya air diambil dan langsung diminum. Rasanya begitu segar saat di teguk

KENDI ATAU JAR

  1. Tempatkan air dalam jar atau kendi, biarlah di hawa terbuka. Yakinkan tidak terkena debu, polusi atau air hujan supaya terus murni.

Semoga pengetahuan wedar sejarah-budaya.com diatas, dapat senantiasa menjadi manfaat untuk segenap pembaca. (dats)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here