Beranda tehnologi Waspada BB Gemuk Akibat Lupa Off Komponen Ini

Waspada BB Gemuk Akibat Lupa Off Komponen Ini

0
852

Cuaca dingin terkadang menjadi masalah yang cukup merisaukan bagi kita semua saat hendak menghidupkan mobil. Salah satu kendala yang terjadi adalah susahnya menghidupkan mesin mobil pada musim dingin yang diakibatkan pembekuan di beberapa komponen. Hal ini akan mudah diatasi manakala kita dapat mengetahui permasalahan dan solusi apa yang akan kita lakukan.

Untuk mengurangi masalah yang terjadi, sejarah-budaya.com akan memberikan beberapa tips dalam menghidupkan mesin mobil ketika cuaca dingin, beberapa diantaranya meliputi,

Saat mesin masih dingin maka bahan bakar akan menjadi sulit untuk menguap dan bahan bakar akan mengembun pada dinding-dinding silinder atau intake manifold sehingga, bahan bakar yang menguap akan sedikit. Jika bahan bakar yang menguap sedikit maka campuran bahan bakar dan udara pun menjadi kurus. Campuran bahan bakar dan udara yang kurus ini, akan berdampak pada mesin yang susah untuk dihidupkan.

Oleh sebab itu dibutuhkan suatu sistem pada sistem bahan bakar yang berguna untuk menambah suplai bahan bakar ketika kondisi mesin masih dingin.

Sistem tambahan tersebut adalah sistem cuk atau sistem chooke. Pada setiap kendaraan bermotor dilengkapi dengan sistem cuk yang digunakan untuk mengatasi masalah campuran bahan bakar dan udara yang kurus ketika keadaan mesin masih dingin.

<<<<baca jugaPakai gigi netral dapat merusak komponen transmisi>>>>>

Sistem cuk yang ada pada kendaraan terbagi menjadi dua tipe berdasarkan pengoperasiannya yaitu sistem cuk manual dan sistem cuk otomatis. Sistem cuk manual cara pengoperasiannya adalah masih dengan cara manual yaitu dengan tuas cuk ditarik atau ditekan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan sistem cuk, sedangkan pada sistem cuk otomoatis sudah tidak membutuhkan tuas cuk karena sistem cuk otomatis akan bekerja secara otomatis ketika keadaan mesin dingin dan akan mematikan (Off) sistem ketika mesin sudah panas.

Baca Juga:  Obat Murah Ampuh Memulihkan Aki Sooak Kembali Seperti Baru

Adapun fungsi sistem cuk pada kendaraan untuk menambah suplai bahan bakar ketika keadaan mesin masih dingin sehingga campuran Bahan Bakar (BB) dan udara menjadi gemuk. Penambahan suplai bahan bakar ini dilakukan untuk menambah bagian bahan bakar yang menguap sehingga uap bahan bakar menjadi cukup (tidak kurus) dan mesin pun akan mudah untuk dihidupkan.

<<<<<baca juga solusi trouble shooting trasmisi>>>>>>>

Ketika keadaan mesin sudah panas maka sistem cuk harus dimatikan karena bahan bakar sudah tidak akan mengembun di dinding-dinding silinder atau intake manifold dan Bahan Bakar (BB) sudah akan mudah untuk menguap, sehingga apabila sistem cuk tidak dimatikan ketika mesin sudah panas akan membuat campuran BB dan udara menjadi terlalu gemuk. Bila campuran BB dan udara terlalu gemuk maka bahaya mesin akan susah untuk mencapai putaran stasioner (idle) atau putaran saat stasioner menjadi kasar.

Selain itu, sebenarnya ada juga hal lain yang perlu dilakukan saat kendaraan kita sulit dihidupkan dalam kondisi dingin. Adapun dari beberapa solusi lain tersebut diantaranya,

  • Matikan semua hal yang berhubungan dengan kelistrikan

Sistem listrik mobil yang hidup bisa mengganggu starter mobil, semua aksesoris listrik standar Anda seperti lampu depan, pemanas dan radio yang menggunakan daya baterai. Dengan mematikan semua ini sebelum mencoba menghidupkan mobil akan memberi kesempatan baterai yang jauh lebih baik untuk menghidupkan mesin. Jika mesin Anda tidak menyala, biarkan beberapa saat sebelum Anda mengaktifkan kembali aksesori ini atau Anda berisiko merusak baterai.

  • Putar kunci untuk menghidupkan dan tahan hingga 10 detik. Jangan menahannya lebih dari 10 detik, karena akan menyebabkan kerusakan pada sistem starting mobil Anda. Jika Anda memasukkan kunci ke lubang kontak, balikkan, dan periksa apakah dashboard menyala. Jika Anda melakukannya, setidaknya ada beberapa beban di baterai – ini merupakan pertanda baik.
Baca Juga:  Cara Mendapatkan dan Menggunakan E-toll Tanpa Bingung

Jika tidak ada suara, (tidak ada suara motor start-up atau tidak berdetak) dengan memutar kunci dan tidak ada lampu di dasbor, kemungkinan besar Anda memiliki baterai yang benar-benar mati. Berhenti dan dapatkan bantuan untuk melakukan jumper pada baterai. Mesin tidak akan menyala sebelum masalah pada baterai teratasi. Jika mesin gagal berputar, tunggu beberapa menit dan coba lagi. Terkadang hal ini akan memungkinkan membangunkan beberapa daya sisa di baterai, dan mungkin cukup untuk menghidupkan mesin.

  • Biarkan aki mengembalikan tenaganya kembali jika mobil gagal menyala. Jika mobil Anda tidak menyala setelah sepuluh atau dua puluh detik dinyalakan, berhenti dan tunggu beberapa menit sebelum menyalakannya kembali. Ini akan memberikan aki waktu untuk memulihkan tenaga kembali dan akan sedikit hangat. Utamanya, waktu ini akan memberi kesempatan motor starter untuk mendingin.

Terus coba hidupkan mobil dan biarkan aki berkerja.

Jika mobil hampir menyala tetapi seperti tidak cukup bertenaga, beri jeda waktu dan coba lagi. Jika aki tidak mengeluarkan tenaga untuk menyalakan mesin, berarti aki Anda sudah lemah dan Anda perlu men-jump aki Anda.

  • Tidak lupa, gunakan buku pengguna Anda

Hampir semua kendaraan saat ini memiliki petunjuk untuk menyalakan mesin pada saat dingin yang akan memandu Anda untuk menggunakan sedikit injakan gas untuk membantu menyalakan pada keadaan dingin. Lihat buku panduan pengguna kendaraan untuk informasi lebih lanjut.

  • Untuk mobil yang berusia lebih dari 1985, dengan mesin berkarburator, injak pedal gas secara perlahan dalam keadaan terparkir

Injak pedal pada mobil tua

Tekan pedal gas sesekali dan lepaskan. Ini akan memberikan sedikit asupan bensin pada saluran pembakaran, yang akan membantu untuk menjalankannya. Perhatikan bahwa tidak perlu melakukan hal ini pada mesin yang menggunakan injeksi. Jika kendaraan Anda lebih baru dari tahun 1990, kendaraan itu menggunakan injeksi bensin elektrik.

  • Jika mobil tidak berhasil menyala, maka langkah terakhir adalah menjumper aki
Baca Juga:  Bagi Pria Dewasa Yang Belum Hitan, Kini Sudah Ada Alat Canggih | Off Menderita

Lakukan jump-start atau pancingan pada baterai Anda jika benar-benar tidak menyala.Posisikan mobil yang dapat menyala sedekat mungkin dengan mobil yang akinya mati.Kaitkan kabel jumper pada terminal yang sama.Biarkan aki yang mati mengisi dari mobil yang menyala untuk beberapa menit.

Lakukan jumper aki jika mobil tidak kunjung hidup

Coba menyalakan mobil dengan baterai mati yang telah diisi dari mobil yang menyala.Lepas kabel jumper perlahan, tetapi tetap melanjutkan menyalakan mesin pada kedua mobil untuk beberapa menit untuk memastikan baterai pada kedua mobil telah cukup terisi untuk dinyalakan kembali.Jika mobil Anda juga tidak bisa menyala setelah dilakukan metode jumper, mungkin Anda perlu mengganti baterai mobil.

Demikian beberapa tips yang bisa kita aplikasikan untuk menghidupkan mesin mobil dalam cuaca dingin. Untuk dapat menjaganya agar tetap prima dan mudah dihidupkan lakukanlah persiapan untuk menghadapi musim dingin. (dats)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here