Beranda Artikel Antara Manfaat Gading Gajah Nilai Fantastis dan Kepunahannya

Antara Manfaat Gading Gajah Nilai Fantastis dan Kepunahannya

0
2606

Gading Gajah merupakan salah satu benda yang penuh nilai karakteristik fenomenal dimata setiap pecinta barang antik. Tulang gading gajah sendiri sebenarnya merupakan gigi seri dari hewan berbelalai panjang ini. Harga jualnya yang mencapai nilai fantastis inilah yang kerap membuat segenap pemburu liar membabi buta dalam mendapatkannya.

Tidak sedikit kerusakan ekosistim gajah yang disebabkan oleh oknum pemburu tak bertanggung jawab. Oleh sebab itulah hewan gajah ini dikatagorikan sebagai hewan dilindungi oleh pemerintah.

Adapun karakteristik dari gajah sendiri hidupnya secara berkelompok, dengan bobot yang mencapai puluhan ton. Spesies gajah sangat banyak dan beragam, tergantung dari daerah mana gajah tersebut hidup dan tinggal. Selain itu, gajah juga merupakan jenis hewan herbivora, yang artinya hewan yang mengkonsumsi buah-buahan dan tumbuhan untuk makanan sehari-harinya. Gajah memiliki satu keunikan yang tidak ada pada hewan besar lainnya, yaitu gading gajah. Namun sayang sekali, keunikan ini malah membuat gajah menjadi hewan yang diburu dan dibunuh hanya untuk diambiil gadingnya saja.

Selain memiliki harga yang fantastis, banyak para pemburu liar yang mengincar gading gajah, pastinya bukan tanpa alasan. Gading gajah memiliki manfaat yang cukup banyak bagi mereka, meskipun gading gajah tidak dapat dikonsumsi.

Nah, apa saja manfaat dari gading gajah? Berikut ini adalah beberapa manfaat gading gajah yang berhasil dirangkum sejarah-budaya.com.

Yang pertama banyak orang terutama mereka yang masih menganut kepercayaan tradisonal mistis menganggap bahwa, gading gajah merupakan salah satu benda yang dapat digunakan sebagai jimat ampuh bagi kehidupan. Dengan menggunakan jimat dari gading gajah ini maka siapapun yang memakainya akan menjadi beruntung dan terhindar dari kesialan. Biasanya gading gajah yang dimanfaatkan sebagai jimat seringkali dibuat dalam bentuk kecil dan dijadikan kalung, cincin, pipa rokok atau gelang, sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana.

Baca Juga:  Hilafah, Saat Akidah Mulai Rapuh, Berhalapun Dapat Menjadi Hidayah

Selain itu, gading gajah juga memiliki manfaat mistis lain yaitu, dapat menghindarkan diri dari marabahaya dan kesialan. Kepercayaan yang menyebar pada masyarakat mengatakan bahwa, siapapun yang memiliki gading gajah, maka dirinya dapat terhindar dari kemalangan, marabahaya dan juga kesialan. Tentu saja hal ini belum dapat dibuktikan secara ilmiah, dan masih bersifat sugestif saja.

Efek sugestif lainnya dari gading gajah adalah manfaat gading gajah dapat menangkal racun yang masuk ke dalam tubuh. Siapapun yang memiliki dan mengenakan gading gajah pada tubuhnya akan kebal terhadap racun apapun.

Masih dari sisi supranatural, mistis dan tradisional, gading gajah juga dipercaya mampu meningkatkan kejantanan dari para pria. Sehingga beberapa suku menganggap bahawa gading gajah merupakan suatu symbol kejantanan pada pria, dan membuat siapapu yang mengenakan gading gajah tersebut harus dihormati.

Masyarakat kuno pada jaman dahulu memanfaatkan gading gajah sebagai alat pemotong. Hal ini masuk akal, karena gading gajah merupakan bagian dari gigi gajah dan juga memiliki kekuatan yang luar biasa, sehingga sering dimanfaatkan menjadi alat untuk memotong.

Saat ini, pemanfaatan gading gajah sudah tidak berada pada level primitive, seperti sebagai alat pemotong ataupun jimat, namun lebih mengarah pada nilai estetika yang ada pada gading gajah tersebut. Gading gajah saat ini sudah dimanfaatkan sebagai media pajangan dan hiasan pada rumah – rumah dan kantor, baik dalam bentuk gading gajah utuh, ataupun gading gajah yang sudah dibentuk dan diukir.

Selain menjadi pajangan dinding dari rumah -rumah, gading gajah juga saat ini sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pipa rokok. Pipa rokok yang terbuat dari gading gajah memiliki kekuatan dan ketahanan yang jauh lebih baik dibandingkan pipa rokok yang terbuat dari kayu biasa.

Baca Juga:  Keris Sodo Lanang Kinasih Sunan Kalijaga dan Begawan Hanoman Gunung Lawu

Di dunia ini ada beberapa orang yang memang memiliki kegemaran dalam mengoleksi benda tertentu, salah satunya dalah gading gajah. Mereka yang gemar mengoleksi gading gajah biasanya memiliki dua motif. Yang pertama adalah tertarik dengan nilai estetika dari gading gajah dan yang kedua adalah mereka masih mempercayai khasiat dari gading gajah dari segi magis dan supranatural.

Hal senada juga terdapat pada beberapa suku primitif yang masih kental dengan nuansa adat kuat yang memandang gading gajah sebagai sesuatu yang istimewa. Karena itu, hingga saat ni masih ada beberapa suku pedalaman yang menggunakan gading gajah sebagai bagian dari pakaian adat mereka. Manfaat gading gajah ini dijadikan ornament dan hiasan pada pakaian adat, seperti menjadi kalung atau gelang.

Adapun Gading gajah juga sering dimanfaatkan beberapa orang sebagai indikator dari status sosial mereka. semakin banyak dan semakin bagus gading yang mereka miliki, maka secara tidak langsung status sosial mereka akan semakin terangkat.

Bahkan, beberapa orang memang menganggap bahwa gading gajah sangatlah berharga, sehingga ada beberapa orang dan juga beberapa suku adat menggunakan gading gajah sebagai mas kawin pernikahan mereka. Gading gajah digunakan untuk melamar dan menikahi orang lain, karena mencerminkan status sosial dan kekayaan.

Selain sebagai mas kawin, bagi para pembisnis, gading gajah merupakan salah satu investasi yang tinggi dalam berbisnis. Meskipun hal ini ilegal dan dilarang di seluruh dunia namun, tidak menyurutkan niat mereka untuk menjadikan gading gajah sebagai lahan bisnis. Gading gajah memang memiliki harga yang sangat tinggi, sehingga banyak orang yang mengincar gading gajah untk kepentingan bisnis.

Nah, itulah beberapa manfaat dari gading gajah. Namun ada baiknya saat ini kita tidak memburu gajah hanya untuk diambil gadingnya saja, karena hal ini malah akan menyebabkan kepunahan pada gajah itu sendiri. Sehingga kelangsungan hidup mereka kelak tidak akan pernah dapat disaksikan oleh generasi penerus manusia. (dats)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here