Pentingnya Kontrasepsi Implan Tidak Berfungsi Pada Pengidap TB

0
801

Implan merupakan salah satu alat kontrasepsi yang termasuk dalam program Keluarga Berencana (KB) dimana, alat kontrasepsi ini bersifat fleksibel dan elastis yang diletakkan di bawah kulit lengan atas seorang wanita.

Menurut Bidan Prasanti Nia A.,amd.keb, alat kontrasepsi implan itu bersifat tidak permanen yang tujuannya dapat mencegah kehamilan, paling lama hingga empat (4) tahun.

Pemasangan implan sangat mudah dan cepat, dilakukan oleh tenaga kesehatan terlatih. Begitu implan dilepas, kesuburan dapat segera kembali produktif.

Selain itu, implan juga bekerja dengan memproduksi hormon progestin, yang berfungsi untuk mencegah keluarnya telur dari indung telur dan mempertebal mukus serviks sehingga sperma tidak dapat mencapai telur.

“Sebelum pemakaian implan sebaiknya berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Dokter atau bidan akan memberi tahu alat kontrasepsi mana yang terbaik untuk kondisi anda,” terang bidan Prasanti.

Apabila dokter atau bidan telah memperbolehkan penggunaan KB Implan, barulah proses pemasangan dapat dilaksanakan. Pemasangan diawali dengan bius lokal pada bagian bawah lengan oleh tenaga kesehatan terlatih, kemudian memasukkan KB Implan dengan menggunakan alat khusus. Proses ini tidak memerlukan jahitan dan sangat cepat. Sedang untuk proses pengangkatan dilakukan dengan cara pemberian bius lokal untuk menghindari rasa nyeri, lalu membuka sedikit bagian kulit dan mendorong implan keluar sehingga dapat diambil. Setelah itu hanya perlu dibalut dan tidak perlu dijahit pula.

Implan sangat efektif dalam mencegah kehamilan. Meskipun demikian efektivitas implan dapat dipengaruhi konsumsi obat-obatan seperti beberapa obat tuberculosis (TB), beberapa obat HIV, beberapa obat kelainan mental, beberapa obat kejang, dan beberapa obat oral untuk infeksi jamur. Implan tidak memproteksi dari penyakit menular seksual, sehingga disarankan untuk tetap menggunakan kondom untuk mengurangi risiko infeksi

Baca Juga:  Meditasi Pengendalian Diri dan Atasi Problem Fisik Juga Metafisika

KB Implan memiliki beberapa keuntungan. Harganya relatif murah, antara Rp250,000 – Rp300,000 untuk 4 tahun namun, saat ini pemasangan dan pengangkatan tersebut, juga sudah ada program gratisnya.

Dengan menggunakan KB Implan anda tidak perlu repot menggunakan kondom atau memasang alarm pil KB untuk mengkonsumsi pil setiap hari.

Beberapa efek samping berikut mungkin dialami sebagian perempuan, namun tidak berbahaya. Seperti misalnya haid yang tidak teratur, pusing, mual, nyeri payudara, keputihan, flek diwajah dan kenaikan berat badan. Jika hal-hal di atas dirasakan terlalu mengganggu, segeralah berkonsultasi dengan dokter atau bidan terdekat.

Adapun penangan lebih lanjutnya, cpukup relatif dapat menggantinya dengan alat kontrasepsi lain ataupun diberi resep obat.

Namun, untuk memastikan apakah KB Implan adalah alat kontrasepsi yang terbaik untuk anda, segera konsultasikan dengan dokter atau bidan terdekat di sekitar anda yang berpengalaman.

Implan bekerja dengan memproduksi hormon progestin, yang berfungsi untuk mencegah keluarnya telur dari indung telur dan mempertebal mukus serviks sehingga sperma tidak dapat mencapai telur. (dats)

Sumber: Bidan Prasanti Nia A., amd.keb.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here