Beranda kesehatan Kelapa Muda Bakar dan Beragam Khasiat Saktinya

Kelapa Muda Bakar dan Beragam Khasiat Saktinya

0
6705

Air kelapa muda cukup memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Selain rasanya yang memang segar dengan ciri khasnya, air kelapa muda ternyata juga dapat menetralisir berbagai racun di dalam tubuh. Sejak jaman dahulu, ramuan air kelapa muda memang sudah banyak digunakan sebagai sarana pengobatan. Bahkan, airnya yang kaya manfaat ini, kerap digunakan segenap pendaki sebagai pengganti ifus dikala darurat. Dari saking kaya manfaatnya, kelapa muda kerap disebut Ramuan sakti oleh sebagian leluhur jawa di masa lampau.

Namun kali ini sejarah-budaya.com akan mengupas beberapa manfaat kelapa muda dengan proses dibakar. Kelapa muda bakar, diyakini mengandung beragam khasiat yang terbukti dapat menyembuhkan bermacam penyakit dari asam urat, kolestrol, darah tinggi, kencing batu, ginjal hingga menghancurkan lemak.

Kelapa muda bakar ini, dapat dinikmati saat cuacapanas atau didinginkan dengan campuran es batu. Rasa air kelapa muda yang manis berpadu padan dengan aroma bakar yang kgas, membuat penikmatnya berasa ketagihan. Tidak hanya itu, keringat pun mengalir deras usai menenggak habis kelapabakar. Daging kelapamudanya juga punya rasa berbeda walau tidak senikmat daging kelapamuda biasa.

Kelapa muda bakar, merupakan buah kelapa hijau muda yang dibakar bersama kulit sabutnya minimal tiga jam sampai air dalam buah kelapa mendidih. Kemudian, bisa dicampurkan dengan tambahan bahan berupa rempah seperti jahe, kayu manis, kapulaga cengkeh, kedaung, daun pandan, sereh, telur bebek dan madu. Rempah-rempah ini direbus sampai matang hingga mendapatkan sari-sarinya yang berkhasiat. Untuk menikmati sajian kelapa bakar memang tidak ada aturan baku. Minuman kesehatan ini juga tidak mengenal batasan usia untuk mengkonsumsinya. Selama dalam konsumsi batas wajar, kelapa muda bakar minimal mampu menjaga kebugaran tubuh.

Baca Juga:  Rumput Sakti Penuntas Penyakit Kronis: Bawang Dayak

Walaupun begitu, minuman herbal ini jarang sekali ditemukan di warung – warung tepi jalan. Selain membutuhkan waktu lama untuk menggodoknya, kelapa bakar kalah tenar dengan sajian es kelapa muda.

Minuman herbal kelapa muda bakar memang tidak berbeda jauh dengan minuman herbal lain yang mengandalkan rempah. Akan tetapi yang menjadi berbeda ketika menggunakan medium air kelapa sebagai sarana utamanya, tentu akan menjadi media herbal yang lebih kaya manfaat.

Selain itu, ramuan dari kelapa muda bakar yang di campur dengan 100ml madu dan 20 gram hati kambing yang dilarutkan dalam proses pembakaran, terbukti dapat menambah kejantanan lelaki dalam memenuhi birahi sang istri. (dats)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here