Beranda kesehatan Dahsyat, Atasi Gangguan Jantung Koroner Dengan Biji Ketumbar

Dahsyat, Atasi Gangguan Jantung Koroner Dengan Biji Ketumbar

0
7456

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan pada 2013, di Indonesia, penyakit jantung koroner mencapai angka 12,1% dari populasi kehidupan manusia.

Bahkan, penyakit ini semakin banyak diderita oleh kelompok usia muda, yakni 39% berusia kurang dari 44 tahun. Sebanyak 22% dari penderita jantung usia muda, ada di kisaran 15–35 tahun. Jadi, bagaimana serangan jantung itu terjadi dan apa penyebabnya?

Jantung memiliki beberapa jenis pembuluh, di antaranya yang paling penting adalah arteri koroner. Pada arteri ini terdapat sirkulasi darah kaya oksigen ke semua organ dalam tubuh, termasuk jantung.

Bila arteri ini tersumbat oleh gumpalan lemak atau menyempit, aliran darah ke jantung bisa turun secara signifikan atau berhenti sama sekali. Hal ini menyebabkan serangan jantung yang jika tidak beruntung akan berujung pada kematian.

Penyebab penyakit jantung koroner, juga disebabkan penumpukan plak lemak yang terbentuk di arteri. Kemudian pada suatu saat plak ini akan robek dan terlepas.

Bila robekan atau bongkahan plak yang terlepas ini cukup besar dan terbawa aliran darah ke arteri koroner, plak ini bisa mengakibatkan sumbatan pada aliran darah.

Arteri koroner membawa oksigen untuk otot-otot jantung. Bila aliran arteri ini tersumbat, oksigen tidak dapat mencapai otot jantung, dan otot jantung pun dapat mati bila dibiarkan lama tanpa oksigen.

Spasme arteri koroner. Ini adalah salah satu penyebab lain serangan jantung. Otot arteri koroner dapat mengalami penyempitan karena spasme. Bila spasme yang terjadi parah, aliran darah pun tersumbat sehingga otot jantung akan kekurangan oksigen.

Adapun beberapa gejala yang muncul akibat serangan jantung diantaranya;

Nyeri dada
Bagian ini biasanya terasa seperti ditekan atau diremas pada dada sebelah kiri.Tidak nyaman di bagian tubuh atas. Merasakan sakit pada salah satu atau kedua lengan, punggung, bahu, leher, rahang, atau bagian atas perut (di atas pusar). Rasa tidak nyaman tersebut berlangsung lebih dari beberapa menit atau hilang dan kembali lagi. Terkadang disertai juga dengan rasa gelisah dan detak jantung cepat.

Baca Juga:  Ramuan Minyak Dayak Pamungkas Kaum Lelaki

Sesak napas.
Biasanya jika ini terjadi maka tubuh akan mengeluarkan keringat dingin, kepala terasa pusing, dan tubuh terasa lemas.

Gejala lain.
Pada beberapa orang muncul gejala lainnya seperti batuk, mual, muntah, hal ini sering terjadi pada kaum wanita.

Perlu kita sadari bersama bahwa, penyakit jantung koroner merupakan momok utama yang menyebabkan kematian pada manusia. Namun, sesuai kodrat Tuhan, tidak ada penyakit yang tanpa ada obatnya.

Nah, kali ini sejarah-budaya.com akan mengupas manfaat dahsyat herbal rempah Ketumbar, yang dapat mengatasi penyakit jantung koroner.

Langsung saja kita bahas terlebih dahulu tentang rempah yang satu ini. Ketumbar merupakan salah satu rempah yang biasa digunakan untuk penyedap rasa pada masakan Indonesia. Namun, siapa sangka, disamping hal tersebut, biji ketumbar ternyata memiliki beragam manfaat yang luar biasa untuk beberapa jenis gangguan kesehatan.

Dalam bahasa Inggris, biji rempah yang memiliki nama latin Coriandrum sativum ini dikenal dengan sebutan coriander atau cilantro. Selain itu, biji ketumbar memiliki sejumlah kandungan gizi, antara lain; minyak esensial, asam lemak, zat besi, vitamin C, zinc, magnesium, mangan, potassium, kalsium, tembaga, zat besi, thiamine, niacin, dan juga riboflavin.

Berikut manfaat biji dan cara pengolahan ketumbar untuk mengatasi kesehatan:

√. Mengatasi penyakit Jantung Koroner
– Ambil 2 sendok makan ketumbar dan taruh dalam gelas kosong. Setelah itu, tuangkan air panas 500ml kedalam gelas yang berisi biji ketumbar. Diamkan 15 sampai dengan 20 menit, lalu saring air ketumbar tersebut hingga menyisakan airnya saja yang berwarna kekuningan.
– Minum sehari satu kali, tiap hari. Diutamakan meminum saat bangun tidur pagi, dimana pada saat itu kondisi perut sedang kosong.

Baca Juga:  Penyakit Mematikan DBD Sembuh Dengan Rebusan Daun Ular

Selain itu, biji ketumbar ini, juga bermanfaat mengatasi gangguan kesehatan lainnya.

√. Mencegah Haid Tidak Teratur

Manfaat biji ketumbar yang pertama yaitu dapat membantu mencegah haid tidak teratur. Hal ini karena biji ketumbar mengandung stimulan alami yang dapat merangsang kelenjar endokrin untuk mengeluarkan dan menjaga keseimbangan hormon yang tepat. Sehingga dapat mengurangi rasa nyeri dan memperlancar siklus haid.

√. Mengurangi Gejala Kongjungtivis

Biji ketumbar merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi konjungtivitis atau mata merah. Jika Anda mengalami masalah ini, cobalah untuk mencuci mata dengan air rebusan biji ketumbar secara rutin. Kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi kemerahan, gatal, serta peradangan pada mata.

√. Mencegah Diabetes

Siapa sangka khasiat biji ketumbar juga dapat membantu menjaga glukosa darah. Dengan demikian mempertahankan kadar gula darah yang sehat. Oleh karena itu, biji ketumbar dapat digunakan untuk mencegah serta mengobati diabetes.

√. Sebagai Obat Kolesterol Alami

Selain dapat mencegah diabetes, biji ketumbar juga dapat digunakan sebagai obat kolesterol alami yang dapat membantu mengurangi jumlah LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan jumlah HDL (kolesterol baik) dalam darah. Oleh karena itu, bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi sebaiknya mengonsumsi air rebusan biji ketumbar cara rutin.

√. Mengatasi Jerawat

Manfaat biji ketumbar yang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Jika Anda memiliki masalah dengan jerawat dan komedo, haluskan biji ketumbar dan kunyit selanjutnya oleskan pada bagian wajah yang terdapat jerawat. Sebaiknya digunakan sebelum tidur.

√. Mengobati Keputihan pada Wanita

Biji ketumbar dipercaya dapat digunakan sebagai obat keputihan alami untuk wanita. Untuk penggunaannya, rendamlah biji ketumbar ke dalam air semalaman. Setelah itu saring dan minumlah hasil air rendaman tadi saat perut Anda kosong pada pagi hari. Lakukan secara rutin selama seminggu untuk hasil yang optimal.

Baca Juga:  Batuk Menahun Sembuh Dengan Bunga ini, Bisa Dicoba

√. Mencegah Anemia

Biji ketumbar dapat digunakan untuk mencegah anemia. Seperti yang Anda tahu bahwa anemia dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, agar Anda terhindar dari penyakit anemia Anda dapat mengkonsumsi biji ketumbar dalam bentuk air rebusan secara rutin.

√. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Khasiat ketumbar yang tidak kalah pentingnya untuk tubuh Anda yaitu dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Biji ini dapat berperan dalam meningkatkan kemampuan serta kualitas sistem imun tubuh, sehingga tubuh Anda dapat menjadi lebih kebal terhadap serangan berbagai penyakit.

√. Meningkatkan Nafsu Makan

Biji ketumbar juga sangat dapat digunakan untuk meningkatkan nafsu makan, terutama pada anak-anak. Hal ini dikarenakan biji ketumbar yang dikonsumsi dalam bentuk air rebusan memiliki suatu kandungan yang bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan.

Selain khasiat dan manfaat ketumbar yang telah disebutkan sebelumnya, pertimbangan dalam mengkonsumsi biji ketumbar sngatlah penting untuk disimak.

Pada dasarnya dengan mengkonsumsi biji ketumbar dengan pengolahan yang tepat dan tidak berlebihan, dapat memberikan beragam manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Namun, yang perlu diperhatikan adalah perlunya keseimbangan dengan mengkonsumsi makanan sehat lainnya. Agar kebutuhan gizi pada tubuh dapat tercukupi sehingga, biji ketumbar ini dapat memberikan manfaat untuk kesehatan.

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat biji ketumbar untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. (dats)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here