Sunah Aroma Therapy Dupa dan Segudang Manfaat Logikanya

0
1462

Budaya membakar Dupa, Hio, Menyan dan sebagainya, diperkirakan muncul dari kebiasaan umat Hindu/ Budha di India/ China dan Arab. Hal tersebut masuk, Seiring dengan imigrasi ke Asia Tenggara, terutama ke Indonesia. Dimana, guna pembakaran dupa, sangat berpengaruh pada ajaran agama dan budaya pada sebagian besar penduduk di Indonesia.

Tidak hanya sebatas itu ternyata, selain digunakan sebagai sarana menuju ketuhanan, dupa dikenal dan terbukti sebagai sarana penyembuhan. Bahkan membakar dupa dengan aroma wewangian, merupakan suatu kebiasaan sunnah dalam ajaran Islam. Hal ini terbukti dari adanya hadist sebagai berikut.

“Apabila ibnu umar beristijmar (membakar dupa) maka beliau beristijmar (memakai wewangian dan bukhur (dupa) dengan uluwah yang tidak ada campurannya, dan dengan kafur yang di campur dengan uluwah, kemudian beliau berkata; “Seperti inilah Rosululloh SAW, beristijmar”. (HR. An Nasa’i)

Dupa dengan aroma therapy merupakan dupa terapi yang menggunakan Essensial Oil atau sari minyak murni untuk membantu memperbaiki kesehatan, membangkitkan semangat, gairah, menyegarkan serta meningkatkan jiwa dan proses penyembuhan.

Adapun cara kerja dupa aroma therapy yang aromanya berpengaruh langsung terhadap otak manusia. Penciuman manusia memiliki kemampuan untuk membedakan lebih dari 100.000 jenis aroma yang berbeda yang mempengaruhi saraf otak dan itu terjadi tanpa kita sadari.

Aroma tersebut mempengaruhi bagian otak yang berkaitan dengan mood atau suasana hati, emosi, ingatan dan pelajaran kita. Misalnya kita menghirup aroma Lavender : maka, akan meningkatkan gelombang-gelombang alfa di dalam otak d8mana, gelombang inilah yang membantu kita untuk merasa rileks. Atau kalau kita menghirup aroma Melati : maka akan meningkatkan gelombang beta otak kita sehingga dapat meningkatkan ketangkasan dan semangat positif.

Baca Juga:  Banyak Yang Belum Tau Sejarah Pencak Silat di Indonesia

JASMINE : Meningkatkan keseimbangan, pikiran positif, kepekaan , ketenangan jiwa, rasa bahagia, gairah seksual, kejernihan pikiran. Dapat juga mengurangi depresi, rasa cemas, stress, sedih, dan iri hati.

LAVENDER : Aromanya dapat mengusir nyamuk, merilekskan saraf otak, mempermudah tidur, meningkatkan ketenangan, rasa nyaman dan dapat mengurangi depresi atau frustasi, rasa tertekan dan emosi yang tidak stabil

PEPERMINT : Meningkatkan konsentrasi, vitalitas, rasa percaya diri, pikiran positif, keyakinan dan tujuan hidup. Mengurangi rasa lelah, putus asa , sakit kepala, dan rasa takut.

YLANG YLANG : Menyeimbangkan hormone, memberikan semangat, meningkatkan sensualias, perasaan gembira, kehangatan, rasa percaya diri, rasa nyaman dan damai. Mengurangi rasa tegang, lemah seksual, perasaan frustasi, rasa labil, dan rasa bersalah.

GREEN TEA : Membangkitkan semangat, memperbaiki konsentrasi

VANILA : Menimbullan kesan hangat dan manis, meningkatkan rangsangan seksual.

AMBER : Memberikan rasa gembira dalam melakukan aktifitas
GANESHA : Untuk membuka dan melancarkan jalan usaha atau pekerjaan
MEDINI : Untuk membersikan aura alam sekitar kita.

OM SHANTI : Memberikan kedamain dalam kehidupan.

NAGALINGGA CHAMPA : Memberikan kebernian dalam melakukan sesuatu yang benar.
RED ROSE : Memberikan vibrasi disenangi dan disukai oleh siapapun seperti saat orang melihat bunga mawar, dan juga membangkitkan gairah /semangat hidup.

SAI PRIYA : Memberikan keberanian dalam kehidupan manusia.
SANDAL WOOD : Meningkatkan kehangatan, rasa percaya diri, kejujuran , ketenangan jiwa , rasa nyaman dan mengurangi gangguan konsentrasi.

SEVEN HERB CHAMPHOOR: Terdiri dari 7 champhoor terbaik, dapat membantu dalam membersihkan kekotoran atma kita.

STRESS RELIEF : Untuk meringankan beban pikiran, mengurangi stress, untuk relaksasi.

YOGA : Membantu membawa kita ke dalam suasana yoga yang penuh konsentrasi.

PUSHKARINI : Membersihkan diri kita dari vibrasi negative sebelum kita berdoa
YAGNA : Terdapat bahan Agnihotra di dalam dupa yang membantu kita terbebas dari Aura Negatif, meningkatkan Energi positif dalam diri kita untuk menangkal / menolak Aura negative yang menggangu.

Baca Juga:  Banyak Yang Belum Tahu, Dalamnya Makna Simbolis Dhapur Brojol

WOODS : Membangkitkan semangat dan energi kita dalam melakukan pekerjaan.

FOR BUSINESS : Membantu kelancaran dalam usaha /bisnis supaya Tuhan memberikan rahmatnya kepada kita.

MONEY DRAWING : Mengharapkan rejeki akan lebih lancer seperti air yang mengalir.

FAST LUCK : Membantu mempercepat proses datangnya rejeki keberuntungan.
GOLD RAIN : Mengharapkan rejeki /keberuntungan kita akan terus meningkat seperti nilai emas.

OM : Sangat bagus untuk sarana Meditasi, dengan wangi yang lembut dapat membawa ketenangan dan konsentrasi
THREE IN ONE : Terdapat tiga aroma dalam 1 bungkus: Lily : untuk persembahan kepada Tuhan.
Intimate : untuk kasih saying, dan menciptakan keharmonisan.
Fancy : untuk Kemakmuran.

CLEAN HOME : Membantu kita dalam membersihkan tempat atau ruangan yang kotor dan ada gangguan.
HOUSE PROTECTION : Membantu melindungi rumah atau tempat kita dari gangguan negatif.

AGAINST JEALOUSY : Menghindarkan kita dari iri hati dan membantu supaya orang tidak dengki kepada kita.

Mengacu pada hal diatas, sangat jelas bahwa membakar dupa, menyan dan wewangian lain, bukanlah sebagai sarana media untuk menuju pada black magic. Dimana pada era globalisasi saat ini, membakar dupa kerap teridentik dengan mahluk astral. Sehingga banyak kalangan menabukan hal tersebut sampai menjadi kesan negatif. Padahal jika kita lebih cerdas memahami terkait fungsional dari aroma dupa, sudah pasti kita akan tetap melestarikan tradisi leluhur bangsa ini. (dats)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here