Cara Mendapatkan dan Menggunakan E-toll Tanpa Bingung

0
883

Seiring meluasnya pembangunan jalan toll yang hampir di seluruh daerah indonesia, terlebih Presiden RI Joko Widodo yang telah meresmikan empat ruas tol Trans Jawa, tepatnya di Km 671, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (20/12/2018) kemarin. Masyarakat pun dituntut mengikuti aturan kecanggihan agar dapat memanfaatkannya.

Namun tahukah anda, jika dalam menggunakan atau memanfaatkan jalur toll kita tidak lagi membayar dengan uang tunai. Untuk dapat menggunakan jalur toll di era milenial ini, kita cukup dengan menempelkan sebuah kartu yang bernama E-toll.

Lalu bagaimana cara mendapatkan dan memanfaatkan kartu E-toll ini?…

Dampak perubahan zaman yang semakin maju dengan sangat cepat ini, membuat beberapa orang yang kurang paham tentang sistem online saat ini dan tidak sedikit yang menjadi bingung dalam mendapatkan E-toll.

Hal ini dirasakan ketika seseorang ada yang bilang jika mau lewat tol bayarnya sudah tidak terima cas atau bayar tunai. Sekarang sistem bayarnya sudah lebih canggih bro, pakai kartu E-toll.

Apakah Anda sudah punya e-money ? atau Anda belum tahu e-money itu apa? dan masih bingung di mana cara mendapatkan e-money? e-money adalah nilai dari uang Anda yang tersimpan, uang di e-money bisa digunakan untuk beragam pembayaran di merchant / toko yang menerima pembayaran dengan e-money dan bisa di pakai untuk ngetoll. Simak yuk berikut ulasan seputar Emoney, E-toll pass / E toll Card:

Nah kali ini akan dibahas beberapa alur guna mendapatkan seputar kartu Emoney, E-toll pass dan E toll Card. Berawal dari pengalaman pertama kali team sejarah-budaya.com ketika akan naik tol tetapi tidak memiliki kartu Etoll.

Team kebingungan, hendak beli di minimarket udah habis semua, mau bikin di bank udah tutup, mau minjem perlunya dadakan serba salah kan. Akirnya kita nekat saja masuk gerbang toll, untung pas deket gerbang tol Sidoarjo ada yang jual kartu, seharga Rp50.000 degn isi saldo 30.000.

Untuk diketahui sebelumnya, kita bisa membeli Kartu e-toll card di berbagai tempat berikut ini tentu dengan beberapa syarat dan ketentuan sebagai berikut:

  1. Bank Penerbit E-Toll Saat Ini

Bank mandiri emoney, Bank Bri brizzi, Bank btn blink, Bank bca flazz dan Bank bni tap cash.

Untuk bisa mendapatkan E Toll Card atau yang lainya Cukup dengan datang ke cabang bank terdekat dan bilang mau membuat Etoll card. Namun, jika ketersedian kartu e tool di cabang sudah habis, biasanya kita akan diarahkan mengurus ke bank pusat.

  1. Minimarket Indomaret Alfamart, Alfamidi, Lawson, Superindo, Circle-K, 7-Eleven dan Hypermart

Tempat lainnya untuk bisa bikin E Toll Card adalah dengan datang ke minimarket indomaret terdekat. Untuk batas minimal dan maksimal saldo masih sama yaitu Rp 10.000 dan Rp 1.000.000, e-money yang beli di indomaret dengan harga 25 ribu, masih kosong saldonya dan harus di isi 50 ribu jadi totalnya 75 ribu. Sobat bisa membeli kartu e toll berbagai merek keluaran bank di toko online seperti bukalapak, tokopedia, lazada dll.

  1. Gerbang Toll
    Selain di Bank dan mini market, kita juga dapat membeli kartu E-toll di pintu masuk atau kluar gerbang toll. Akan tetapi tidak semua gerbang toll menjualnya loh, jadi disarankan jika ingin ngetoll darurat, pinjam kartu milik temanya dulu.

NB: Biaya kartu perdana E-money, brizzi, fazz, blink dll saat ini berkisar sebesar Rp25.000 harga bisa berubah sewaktu – waktu sesuai ketentuan bank.

Adapun kelebihan memiliki E – Toll Card kita tidak Perlu Antre Panjang, Proses Pembayaran Cepat, Tidak Repot Mengurus Kembalian, Bisa Menggunakan E-Toll Pass kalau sobat ke ancol bisa juga untuk bayar makan disana karena pembayaran disana sudah pakek emoney semua.

Selain itu, ada juga mesin E-Toll Pass yang dipasangkan di sisi atas dashboard mobil dekat kaca depan untuk melakukan pembayaran tol secara otomatis. Sehingga, pengemudi tidak lagi repot untuk membuka kaca dan menempelkan kartu E-Toll pada gardu tol otomatis.Anda bisa mendapatkan etoll pas di toko online seperti toko pedia dengan harga kisaran 500 ribuan. Tapi mohon maaf sebaiknya anda jangan langsung membelinya kendati masih belum semua GTO bisa pakai etoll pas.

Cara Mengisi Ulang Saldo E-Money Atau Kartu Toll

Kunjungi minimarket berikut ini: minimarket seperti Alfamart, Alfamidi, Indomart, Lawson, dan Circle K bilang mau nambah saldo emoney. Kunjungi mesin ATM yang memiliki logo E-money. Caranya masukkan kartu ATM, pilih menu pembayaran E-money kemudian tempelkan E-tool pada reader yang bisa membaca emoney

NB: jangan sampai salah memasukkan kartu nya yahh. DI TEMPELKAN jika etoll card sampai dimasukkan ke mesin ATM maka bisa tertelan dan gak bakal keluar lagi.
Top up saldo emoney lewat ATM

Cara Cek Saldo Emoney
Sobat bisa mengethui sisa saldo emonei anda lewat internet banking atau Atm.

Selain etoll car ada beberapa jenis kartu lain yang bisa di gunakan untuk ngetol yaitu: E-Money, Indomart Card, dan Gaz Card. Selamat berkendara selalu cek saldo setelah menggunakanya. jangan sampai pas memakainya saldo telah habis. anda juga bisa mengecek saldonya lewat aplikasi andrid yang berjudul mandiri e-money info.

Demikian informasi mengenai seputar E – toll card beli dimana dan bagaimana cara menggunakanya semoga dapat bermanfaat. (dats)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here