Tutorial Rahasia Pembuatan BATAKO Manual Dengan Mudah

1
3893

Seperti yang kita ketahui bersama, selain semen, air dan pasir, Batako ataupun batu bata merupakan bahan utama matrial dalam membangun sebuah rumah, pabrik, jembatan dan lain sebagainya. Matrial Batako tersebut sangatlah mudah didapatkan, kita cukup memesannya di beberapa toko matrial bangunan ataupun pengusaha yang mengembangkan bahan tersebut.

Namun bagi segenap sahabat yang ingin sedikit berkreasi dengan membuatnya sendiri, tentu akan menjadi suatu keuntungan dan kebanggaan tersendiri. Selain dapat mengirit biaya yang bisa mencapai 40%, jika sudah mulai mahir kita juga bisa membuka pluang bisnis yang sangat menjanjikan omset wow.

Nah kali ini sej akan menjabarkan tutorial pembuatan batako manual secara mudah dan praktis.

Adapun bahan-bahan yang perlu dipersiapkan antara lain sebagai berikut;
1. Cetakan Batako yang terbuat dari plat baja. Cetakan ini bisa kita beli di toko bangunan, memesan di tukang las, ataupun merakit sendiri.
2. Pemukul/palu dari papan kayu
3. Oli bekas
4. Pasir
5. Semen
6. Cangkul
7.Air

Setelah semua bahan terkumpul, barulah kita akan mulai menggunakan semua bahan yang ada.
Pertama, kita campur semen, pasir dan air dengan takaran 1kg semen banding 20kg pasir. Setelah itu tuangkan air sesuai kebutuhan jangan terlalu basah ataupun terlalu kering.

Langkah berikutnya, kita tinggal isi adonan pasir dan semen tersebut pada cetakan. Mula-mula isi setengah cetakan lalu pukul-pukul menggunakan palu kayu. Kemudian, isi penuh cetakan hingga melebihi batas garis cetakan untuk kemudian kita pukul menggunakan papan kayu hingga rata dengan cetakan.

Klic vidio Tutorial Pembuatan Batako Manual

Usai di cetak, kita tiriskan ditempat yang kering hasil cetakan batako basah tadi, untuk selanjutnya kita jemur selama 2 hari dan batakopun siap digunakan ataupun dipasarkan.

Baca Juga:  8 Manfaat Ampas Kopi, Atasi Masalah Dalam Hidup

Semoga tutorial ini dapat menjadi manfaat bagi segenap pembaca dan selamat mencoba. (dats)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here