Cara Merakit Atur Kecepatan Elektronic Anda Dengan Dimer Speed

0
1589

Di era kecanggihan digital saat ini, hampir seluruh peralatan elektro yang menggunakan dinamo telah dilengkapi fitur variable speed. Dimana fitur tersebut, berfungsi sebagai pengatur kecepatan atau daya dari sebuah alat elektronik.

Akan tetapi, juga ada beberapa alat yang hanya dilengkapi dengan 1 kecepatan, yaitu kecepatan maksimal. Mungkin kita yang masih belum tahu apa fungsi variable speed pada alat teknik mari kita simak penjelasan berikut.

Saat menggerinda benda yang tipis/halus misalnya, jika kamu menggunakan kecepatan paling maksimal maka apa yang akan terjadi? Objek yang akan di gerinda tersebut menjadi cepat habis dan hasil akhirnya pun akan berantakan. Itu mengapa variable speed diperlukan. Di artikel ini akan dijelaskan bagaimana membuat alat sederhana untuk mengatur kecepatan bor, gerinda, mesin amplas, lampu dan lain sebagainya tanpa perlu merubah komponen alat tersebut.

Langsung saja pada komponen utama yang perlu disediakan.

  • Dimmer : alat ini merupakan otak kerja dari variable speed. Kita bisa dapatkan komponen ini di toko elektro dengan harga yang terjangkau. Atau jika kita sedikit ingin berkreasi, bisa dengan merakitnya sendiri.
  • Steker
  • Stop kontak gantung
  • Kabel

ALAT:

  • Gunting/cutter
  • Obeng +/-

Adapun cara merakitnya sebagai berikut;

Pertama-tama kita membagi kabel menjadi dua bagian lalu memasangkan steker ke salah satu kabel dan stop kontak ke kabel lainnya.

Setelah itu buka casing penutup dimmer lalu rakit kabel-kabel mengikuti wiring diagram seperti gambar diatas. Setelah itu tutup kembali casing dimmer lalu kita bisa mengunakannya.

CARA MENGGUNAKAN:

Siapkah peralatan yang ingin diturunkan kecepatannya. Peralatan bisa menggunakan lampu, kipas angin, mesin amplas, mesin gerinda dan lain-lain.

Pasang steker pada dimmer ke sumber listrik, lalu sambungkan steker pada peralatan elektronik (mesin bor contohnya) ke stop kontak pada dimmer.

Nyalakan mesin bor, lalu atur kecepatan yang diinginkan dengan memutar pengatur yang terdapat pada dimmer.

Sekarang kita dapat dengan mudah mengatur kecepatan pada peralatan-peralatan yang belum memiliki fitur variable speed.

Agar lebih ringkas, kita bisa memasangkan dimmer tersebut pada meja kerja kita menggunakan sekrup.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. (dats)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here