Warisan Nusantara Konsumsi Bunga Melati, Inner Beauty and Beauty Are Born

3
1276

Sejak zaman lampau, utamanya diera kerajaan Nusantara, bunga melati dikenal memiliki wangi yang khas juga identik dengan dunia astral dan yang terpenting memiliki khasiat beragam yang luar biasa.
Bunga melati tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai hiasan untuk pernikahan, akan tetapi juga dapat dikonsumsi sebagai herbal.

Konon, menurut artis horor Susana yang suka memakan bunga melati, mempercayai bunga tersebut dapat menambah aura kecantikan dan menambah Inner Beauty and Beauty Are Born. Hal tersebut, rupanya juga menjadi kebiasaan gadis – gadis kraton jaman lampau yang minimal seminggu sekali menkonsumsi bunga melati. Terlepas dari itu semua, pada hakikatnya bunga melati memang memiliki kandungan yang dapat menjadikan wajah cantik, dan penuh aura positif serta memiliki manfaat yang lain untuk kesehatan.

Adapun beberapa manfaat dan kegunaan menkonsumsi bunga melati adalah sebagai berikut;

Bunga melati sering ditambahkan ke dalam ramuan teh, sehingga terkadang ada teh campuran melati atau jasmine tea. Bunga ini juga memiliki beberapa kandungan atau zat yang ketika dikonsumsi dapat menambah kecantikan maupun mengatasi masalah kesehatan.

Beberapa zat tersebut seperti indole, linalcohol, asetat benzilic, alcohol benzilic dan juga jasmon. Zat yang terkandung di dalam bunga melati tersebut dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan dan menambah kharisma juga kecantikan. Selain itu, bunga yang dengan aroma khas dan berwarna putih ini, juga dapat mengurangi Jerawat dan Mempercantik Wajah.

Secara tidak sadar, terkadang tubuh terinfeksi toksin / racun, baik dari udara maupun makanan yang kita konsumsi setiap saat. Racun tersebut dapat mengendap di dalam tubuh dan menimbulkan beberapa masalah kesehatan maupun kecantikan. Memakan bunga melati dengan rutin ternyata dapat mengeluarkan racun dalam tubuh tersebut. Racun dalam tubuh itu, dapat menjadi penyebab timbulnya masalah jerawat pada wajah. Selain itu, mengkonsumsi bunga melati yang dijadikan teh, dapat membantu mencegah serangan radikal bebas pada wajah sehingga dapat menjadikan kulit tetap lembab dan terhindar dari timbulnya kerutan pada wajah. Hal ini dapat menjadikan wajah tetap cantik awet muda karena terhindar dari penuaan dini.

  • Meminimalisir Racun Dalam Tubuh

Racun yang masuk dalam tubuh melalui udara maupun makanan dapat merusak sistem pada tubuh dan menyebabkan berbagai jenis penyakit. Mengkonsumsi bunga melati dapat menghilangkan racun yang terkandung di dalam tubuh karena bunga melati bersifat menetralisirkan racun atau detoksifikasi. Mengkonsumsi bunga melati secara rutin dapat mengeluarkan racun dalam tubuh secara berangsur. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari racun yang dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit.

  • Mengatasi Masalah Peradangan Pada Usus

Memakan bunga melati juga baik untuk pencernaan, terlebih pada bagian usus. Bunga melati dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada usus. Mengkonsumsi bunga melati dapat mencegah dan mengurangi peradangan yang terjadi pada usus yang dapat mengganggu sistem pencernaan dan penyerapan makanan pada usus.

  • Mengatasi Peradangan Yang Terjadi Pada Ginjal

Terjadinya peradangan pada ginjal dapat berakibat buruk bagi anggota tubuh dan organ tubuh lainnya. Hal ini disebabkan karena ginjal merupakan organ yang berfungsi mengeluarkan zat sisa metabolisme pada tubuh. Ketika ginjal mengalami kerusakan seperti peradangan, ginjal tidak akan dapat memilah zat yang harus dibuang dan tetap diedarkan oleh darah.

Dengan mengkonsumsi bunga melati, peredaran darah lebih lancar dan kerja ginjal akan lebih mudah sehingga tidak terjadi peradangan pada ginjal. Karena sesuai dengan kandungannya, melati memiliki zat atau senyawa yang mampu melancarkan peredaran darah dan kemudian dapat membantu penyaringan darah pada ginjal. Lancarnya aliran darah pada ginjal itulah, yang dapat membuat ginjal tetap sehat dan terhindar dari peradangan.

  • Mengurangi Kolesterol Dalam Tubuh

Banyak makanan yang sering dikonsumsi dan mengandung kolesterol yang masuk di dalam darah sehingga menyumbat aliran darah dan menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti serangan janjung. Kolesterol jahat yang masuk dalam tubuh dan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah dapat diatasi dengan memakan bunga melati. Mengkonsumsi bunga melati mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga aliran darah menjadi normal dan lancar. Dengan lancarnya aliran darah karena tidak terjadi penyumbatan, maka akan terhindar pula masalah kesehatan yang disebabkan kolesterol tinggi, salah satunya dapat terhindar dari penyakit jantung.

  • Membantu Menyeimbangkan Gula darah

Bagi penderita gula darah atau diabetes, mengkonsumsi bunga melati mungkin dapat dijadikan salah satu cara menurunkan gula darah dalam tubuh. Untuk menurunkan gula darah, bunga melati dapat dikonsumsi secara langsung, dan dapat pula dijadikan teh melati. Gula darah dalam tubuh dapat menurun apabila mengkonsumsi bunga melati secara rutin.

  • Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi bunga melati juga dapat menurunkan berat badan karena kandungan antiksidan dan Epigallocethin Gallate di dalamnya dapat melakukan pembakaran lemak. Lemak yang terdapat dalam tubuh dapat berkurang dan berat badan dapat diturunkan.

Meskipun belum banyak diketahui oleh masyarakat luas, memakan bunga melati memiliki beragam manfaat untuk kesehatan yang perlu dicoba. Rasanya yang sedikit pahit memang tidak begitu disukai. Namun, mengkonsumsi bunga melati ini dapat dicampur dengan makanan lain seperti salad dan teh untuk mengurangi rasa pahit pada bunga tersebut. Semoga artikel kesehatan herbal ini dapat bermanfaat bagi segenap pembaca dan selamat mencoba. (dats)

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here