Beranda tradisional Mengenal Lebih Dekat Pamor Rojo Gundolo

Mengenal Lebih Dekat Pamor Rojo Gundolo

0
2470

Berbicara mengenai pamor keris, memang sangat luas dan penuh syarat misteri untuk mengungkapnya. Butuh pendalaman khusus agar kita benar-benar paham menerka sebuah biografi pamor tosan aji ini.

Nah kali ini, sejarah-budaya.com akan lebih mengenalkan sekilas salah satu pamor tosan aji yang memiliki nama pamor Rojo Gundolo.

Baca juga : Mengenal Bermacam Nama Pamor Keris

Rojo Gundolo atau Gundolo rojo, merupakan nama Pamor atau motif batu meteorit / nikelin yang terdapat pada bilah sebuah keris. Pamor ini biasanya merupakan pamor tiban yang artinya dibuat secara tidak sengaja atau karena pengaruh manifestasi dari sebuah wangsit. Seperti pada keris kebanyakan, pamor Rojo Gundolo lumrah berwujud visual manusia yang sedang duduk bermeditasi.

Baca juga : Keris Kyai Carubuk

Pamor seperti demikian umumnya terletak ditengah sor-soran namun, adakalanya juga terletak agak ketengah bilah keris, bahkan ada juga yang di ujung keris. Visual Rojo Gundolo bentuknya bukan hanya mirip seperti manusia perempuan atau laki-laki, terkadang ada juga yang mirip hewan atau tumbuhan bahkan alam semesta.

Dipercaya sebagian orang, Rojogundolo yang bertuah biasanya yang dari pamor tiban dan bukan rekaan.

Keris dengan pamor demikian, umumnya memiliki tuah pembawaan karekter si pemiliknya meliputi sifat perlindungan, menolak guna-guna, memindahkan mahluk halus, membersihkan rumah “angker” bahkan jika kerisnya istimewa bisa digunakan menyembuhkan orang yang sakit atau kesurupan.

Baca juga: Rahasia Penempaan dan Tuah Keris

Selain itu, keris dengan pamor Rojo Gundolo ini kerap di gadang-gadang merupakan sebuah pusaka piandel dari raja-raja Jawa bahkan juga merupakan koleksi dari Presiden ke 2 Indonesia Soeharto. Pernah juga diceritakan, keris Rojo Gundolo ini dipakai Sunan Kali Jogo untuk menaklukkan Ratu Kidul.

Baca Juga:  2 Bahan Ini, Atasi Kutu Dan Masalah Rambut Lainnya Dengan Mudah

Dari berbagai sudut pandang tentunya kita layak mengagumi dengan pusaka buatan sang mpu pembuat keris ini. Mulai dari setiap lekuk sisi-sisi besi yang syarat penuh makna hingga, kekuatan suci yang dapat merasuk pada sebilah besi dan bermanfaat umpan balik bagi si pemiliknya. Untuk itulah, menjadi sangat mulia manakala cucu generasi bangsa ini agar senantiasa dapat melestarikan tinggalan murni sang ibu pertiwi. (dats)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here