Beranda kesehatan Sakit Gigi Minggat, Asam Urat Sekarat, Manfaat Kuno Cabe Puyang

Sakit Gigi Minggat, Asam Urat Sekarat, Manfaat Kuno Cabe Puyang

0
2512

Mendengar nama Cabe Puyang, mungkin sedikit asing di telinga sebagian pembaca. Cabe Puyang sendiri, dalam bahasa latinnya ialah piper retrofractum vahl dimana tumbuhan tersebut terkatagorikan sebagai cabe Jawa dari jenis rempah-rempahan.

Cabe ini biasa dimanfaatkan sebagai bahan herbal utamanya bagi orang jawa kuno. Selain itu, cabe puyang juga memiliki manfaat sebagai rempah dan bumbu dapur.

Nah, untuk lebih mengenal dengan rinci terkait cabe puyang dan manfaatnya, kali ini sejarah-budaya.com akan sedikit menjelaskannya.

Tumbuhan Cabe Puyang ini, biasa tumbuh pada iklim teopis dan ketinggian daratan sekitar 0-600 mdpl dan curah hujan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tumbuhan cabe puyang diperkirakan 1.259 mm/tahun.

Sedang manfaat dan resep dari cabe puyang sendiri ialah sebagai berikut;

Sebagai penurun demam

Adapun resep yang dapat dicoba adalah, dengan menghaluskan 3 gram cabe puyang yang sudah kering untuk kemudian disedu menggunakan air hangat dan diminum seperti teh. Meskipun rasanya agak pedas, tetapi ini cukup bermanfaat untuk menurunkan demam pada anak maupun orang dewasa.

Untuk resep obat sakit gigi

Sediakan 3 daun cabe puyang kemudian di tumbuk agak kasar, jangan sampai terlalu halus. Setelah itu seduhlah menggunakan air hangat. Jika sudah gunakan ramuan itu untuk kumur-kumur, jika hal ini dilakukan secara rutin maka sakit gigi ataupun gusi itu akan segera hilang. Selain di tumbuk dan diseduh dapat pula dilakukan dengan cara dikunyah langsung seperti orang nginang.

Meningkatkan fitalitas tubuh

Cukup siapkan 3 gram cabe puyang ditambah 1 siung jahe dan 1 siung temulawak beserta gula merah. Kemudian, rebus sampai empuk tumbuk dan beri air hangat. Kemudian minum ramuan tersebut, disarankan untuk meminumnya selagi masih hangat.

Baca Juga:  Kangker Payudara Dapat Sembuh Dengan Herbal Daun Sawi Hutan

Dapat mengatasi kejang pada perut

Resep untuk membuat jamu ini adalah menggunakan 3 lembar daun cabe puyang kemudian masukan 1 gelas air, biarkan sampai mendidih setelah itu diamkan beberapa menit agar tidak terlalu panas. Minumlah selagi hangat.

Meredakan asam urat

Cara ini dilakukan dengan menyiapkan 3 gram akar dari cabe puyang kemudian lakukan perebusan sempai mendidih dengan 1 gelas air hangat. Jika sudah mendidih saring rebusan tersebut kemudian minum rebusan yang sudah disaring tersebut samai habis. Ingat disarangkan untuk meminumnya selagi masih hangat.

Itulah manfaat cabe puyang beserta dengan resepnya, resep yang diterangkan di atas bisa di ganti sesuai dengan kemampuan atau tidak paten. Tetapi alangkah baiknya bila sesuai dengan resep di atas, karena sudah sesuai dan sudah pernah dibuktikan khasiatnya.

Resep umum cabe puyang

Dengan menggunakan 4 gram bubuk cabe puyang kering yang di seduh dengan 150 cc air mendidih kemudian minum sampai habis, minum selagi air masih hangat, agar khasiatnya lebih mujarab. Selain itu bubuk cabe puyang ini dapat disimpan di dalam kapsul sehingga dapat digunakan kapan saja, bahkan untuk mengobati gigi berlubang dapat meletakkan bubuk cabe puyang ini ke lubang gigi secara langsung. Tak hanya itu meminum sebagai obat kumur dapat meredakan bengkak pada gusi. Resep secara umum ini tetap tergantung yang ingin menggunakanya.

Selain bermanfaat untuk obat ternyata buah puyang ini masih memiliki manfaat yang lain yaitu manfaat cabe puyang untuk tanaman dan kesuburan tanah.

Adapun manfaat cabe puyang untuk tanaman adalah sebagai penyubur media tanam seperti tanah, pasir ataupun sekam. Cabe puyang ini digunakan untuk campuran media tanam bukan untuk pupuk, karena cabe puyang akan bermanfaat untuk membantu membunuh insektisida dalam tanaman tersebut.

Baca Juga:  Penyakit Mematikan DBD Sembuh Dengan Rebusan Daun Ular

Itulah beberapa manfaat cabe puyang yang mungkin masih asing di telinga anda. Apalagi di telinga para remaja saat ini. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat. (dats)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here