Selain Sakti, Ong Tiing Juga Sarana Depresi Setelah Kalah Bersaing

0
3444

Ong Tiing atau jamur bambu ini, biasanya kerap dijumpai tumbuh dalam beberapa ruas, akar rumpun bambu yang lebat dan rindang. Walau demikian, akan sangat sulit ditemukan kecuali berjodoh dengannya.

Jamur ini memiliki ciri-ciri permukaan kulit berwarna coklat kehitaman mengkilat yang ukurannya sebesar dengan ”Ong Bulan”. Dalam mitos supranatural, Kegunaan dari ong tiing ini untuk menangkal dan melindungi rumah serta penghuninya dari serangan ilmu pengiwa/hitam, sebagai campuran usada dan juga sebagai penangkal maling serta tuyul yang mau memasuki pekarangan rumah. Dengan merendam ong tiing ini pada air laut, air sungai dan air danau, kemudian memercikkannya dilingkungan pekarangan dan tempat usaha/pedagangan niscaya atas se ijin Tuhan pencuri dan bererong/tuyul tidak akan berani mendekat. Karena pancaran gaib yang ditimbulkan sangat dashyat dari rendaman air tersebut.

Bahkan diceritakan pada jaman kerajaan lampau, selain spesies bambu unik mistis, Jamur bambu ini kerap dijadikan sarana mengobati depresi segenap petinggi kraton saat kalah bersaing dalam memperebutkan tampuk kekuasaan. Konon air rendaman jamur bambu ini dapat menciptakan suasan tenang dalam fikiran saat seorang yang depresi dipercikkan airnya.

Diera globalisasi saat ini, dimana banyak orang depresi oleh ketidak berhasilan persaingan baik dalam persaingan politik, usaha dan sebagainya Ong Ting sepertinya dapat menjadi sarana jitu guna meredakan efek depresi. Sebab cukup dengan percikan airnya saja seseorang konon dapat menjadi tenang dalam berfikir. (dats)

Baca Juga:  Asal Mula Keris Omyang Jimbe Hingga Penggandaan Kekayaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here