Beranda Artikel Arti Istilah Ngabuburit, Apa Anda Sudah Tau…?

Arti Istilah Ngabuburit, Apa Anda Sudah Tau…?

4
709

Kita mungkin sering mendengar atau bahkan kerap mengucapkan sendiri istilah ngabuburit. Istilah ini sering terdengungkan utamanya di bulan suci Ramadhan dan saat-saat menjelang berbuka pusa.

Adapun diantara istilah ngabuburit yang kerap terlontar diantaranya, hari ini teman-teman berencana ngabuburit dengan melakukan kegiatan apa, nih?

Ada yang ngabuburit sambil membantu orang tua menyiapkan menu buka puasa, ada yang ngabuburit sambil bermain bersama teman di rumah.

Nah sampai disini, ternyata masih banyak orang yang belum paham dan mengerti makna akan istilah dari ngabuburit.

Yuk, kita cari tahu, asal Istilah Ngabuburit…!

Ngabuburit sebenarnya merupakan istilah yang berasal dari bahasa Sunda. Mungkin bagi segenap pembaca yang sehari-hari berbahasa Sunda, sudah tahu artinya, ya?…

Ngabuburit yang berasal dari kata dasar dalam bahasa Sunda yaitu burit dan memiliki arti sore.

Nah, ketika diberi imbuhan kata “ngabu”, kata burit menjadi ngabuburit dapat memiliki arti melakukan kegiatan di sore hari.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ngabuburit dituliskan berasal dari kata kerja dalam bahasa Sunda. Yang arti harfiahnya melakukan kegiatan di sore hari. Tentu hal ini tidak hanya mencakup istilah di bulan puasa saja, melainkan mencakup setiap waktu sore di semua bulan.

Kemudian, istilah ngabuburit belakangan kerap diartikan ‘menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan’. Tentu hal ini menjadi sebuah istilah yang sedikit salah kaprah. Yaaa… namanya salah kaprah, meski salah, karna kaprah jadinya ya gak salah xixixi….

Sedang tradisi Ngabuburit di zaman dulu, biasanya dilakukan sebagian anak-anak, remaja bahkan dewasa, setelah mandi di sore hari. Mereka nge ngabuburit bersama dengan berbagai kegiatan ada yang main di lapangan, memancing, bersepeda dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Arum Kusuma, Menikah Rasa Pacaran Hingga Akhir Hayat

Sedang untuk yang agamis, mereka biasanya mengisi ngabuburit dengan mengaji bersama di masjid, surau bahkan di rumah masing-masing.

Nah semoga pengetahuan diatas dapat bermanfaat bagi segenap pembaca. (dats)

4 KOMENTAR

  1. Howdy I am so grateful I found your website, I really found you by error, while I was searching on Askjeeve for
    something else, Anyhow I am here now and would just like to say thank you for a marvelous post and a all round exciting blog (I also love the theme/design), I don’t have time to
    go through it all at the minute but I have book-marked
    it and also included your RSS feeds, so when I have time
    I will be back to read a great deal more, Please do keep up the fantastic job.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here