Beranda Pariwisata Keunikan Puncak Hargo Dalem Gunung Lawu

Keunikan Puncak Hargo Dalem Gunung Lawu

0
1312

Kali ini sejarah-budaya.com akan sedikit mengupas tentang salah satu tempat sakral yang populer tidak hanya di Indonesia melainkan di dunia yaitu, tempat moksa raja terakhir Majapahit Prabu Brawijaya V.

Hargo Dalem yang merupakan salah satu puncak di gunung lawu, dipercaya sebagai tempat pertapaan terakhir Prabu Majapahit Barawijaya V. Di salah satu sudut Hargo Dalem, terdapat situs berupa kapunden yang konon merupakan titik tempat moksanya sang raja legendaris itu.
Banyak dipercaya segenap Peziarah, barang siapa yang kerap melakukan pisowanan (upacara ritual) sebanyak tujuh kali, niscaya dapat bertemu Eyang Sunan Lawu. Namun tidak jarang pula, sebelum melakukan tujuh kali pendakian, peziarah sudah dapat berjumpa dengan Eyang Sunan Lawu. Hal ini tentu sesuai dengan ketulusan dan kejernihan batin setiap peziarah.

Di sekitar Hargo Dalem ini banyak terdapat bangunan kayu beratap seng yang dapat digunakan untuk bermalam dan berlindung dari hujan dan angin. Terdapat pula beberapa warung makanan dan minuman yang sangat membantu bagi pendaki dan pejiarah yang kelelahan, lapar, dan kedinginan. Inilah keunikan Gunung Lawu dengan ketinggian 3.265 mdpl, yang terdapat warung di dekat puncaknya. (dats)

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan