Beranda Pariwisata Sejuta Pesona Membentang Eksotis di Megahnya Gunung Lawu

Sejuta Pesona Membentang Eksotis di Megahnya Gunung Lawu

0
843

Gunung Lawu atau yang lebih dikenal dengan julukan Wukir Mahendra Giri yang terletak di Pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur ini, merupakan Gunung di antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan.

Gunung dengan ketinggian 3265 mdpl ini, memiliki status gunung api “istirahat” yang diperkirakan terahkir meletus pada tanggal 28 November 1885. Walau demikian, hingga kini di lerengnya masih terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air (fumarol) dan belerang (solfatara).

Gunung Lawu sendiri, memiliki beberapa akses pendakian guna menuju puncaknya. Namun, banyak segenap pendaki hanya menggunakan dua jalur yakni, Jalur Cemoro Sewu dan pendakian Jalur Cemoro Kandang.

Gunung Lawu memiliki tiga puncak yakni, Puncak Hargo Dalem yang dipercaya sebagai tempat Moksa Prabu Brawijaya V , Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah sebagai puncak tertingginya.

Di lereng gunung Lawu, terdapat sejumlah tempat wisata yang populer, terutama di daerah Tawangmangu, Cemorosewu, dan telaga Sarangan. Agak ke bawah, di sisi barat terdapat dua komplek percandian dari masa akhir Majapahit yakni, Candi Sukuh dan Candi Cetho. Selanjutnya, di kaki gunung ini, juga terdapat komplek pemakaman kerabat Praja Mangkunagaran Astana Girilayu, Astana Mangadeg dan Astana Giribangun sebagai makam Presiden ke 2 Soeharto.

Selain tempat-tempat di atas masih ada beberapa tempat wisata lain yang sangat istimewa baik di areal gunung lawu maupun di lerengnya. Diantara tempat-tempat tersebut antara lain, Obyek wisata di sekitar gunung Lawu antara lain:

Kawah Telaga Kuning dan Kawah Telaga Lembung Selayur, Sedang di sekitar Desa Ngancar ada Air Terjun Pundak Kiwo, Air Terjun Watu Ondo, Air Terjun Jarakan, Watu Ongko, Pasir Emas, Air Terjun Srambang dan Candi Sukuh.

Baca Juga:  Muasal Api Tak Kunjung Padam dan Pernikahan Ajaib Ki Moko

Hal inilah yang membuat gunung lawu, memiliki daya tarik tersendiri bagi segenap wisatawan, peziarah maupun pendaki.

Selain itu, yang menjadi sangat populer dikalangan peziarah yakni adanya sebuah kawah yang dijuluki kawah Condrodimuko. Dimana keberadaan kawah belerang tersebut, sangat di identikkan dengan adanya legenda keris sodo lanang milik begawan Hanoman.

Nah sampai disini dulu ulasan gunung lawu dari sejarah-budaya.com, semoga segenap pembaca selalu dalam naungan sang pencipta yang selalu memberi pengetahuan. (dats)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here