Beranda Sejarah Menelisik Megahnya Tinggalan Luhur Negara Majapahit

Menelisik Megahnya Tinggalan Luhur Negara Majapahit

0
832

Negara Majapahit, diketahui berdiri sekitar tahun 1293 hingga 1500 M didirikan awal kali oleh Maharaja Kertarajasa Jayawardhana yang hanya memerintah sampai tahun 1309 M. Setelah itu dilanjutkan oleh Sri Tribhuwana tungga dewi Maharajasa Jayawisnu wardhani, Sri Rajasanagara, Bhre Hyang Wisesa Aji Wikrama, Dyah Ayu Kencana Wungu, lanjut Brawijaya I, hingga terakhir Brawijaya V.

Kejayaan Majapahit tdak terlepas dari dua kerajaan lain yaitu Kediri dan Singosari. Dimana kedua kerajaan tersebut dikenal cukup berperan sebagai cikal bakal lahirnya negara legendaris itu. Hal ini dibuktikan dari banyaknya sejarah juga saksi awal-akhir kerajaan Kediri, Singosari dan Majapahit, yang hingga saat ini banyak kita jumpai hampir di seluruh persada Pertiwi Nusantara.

Selain tinggalan-tinggalan ajaran, sistem bercocok tanam dan lain sebagainya, Majapahit juga memiliki beberapa tinggalan Candi yang cukup megah. Diantaranya, candi tikus, candi brahu di Trowulan, candi sukuh, candi cetho di Karanganyar, Candi Wringin Branjang di Blitar, Candi Pari di Blitar, Candi Surawana di Kediri, Candi Jabung di Probolinggo dan masih banyak lagi candi yang lain.

Majapahit, memiliki sistem pemerintahan monarki dan juga memiliki sistem politik senyap yang terbukti dapat mempersatukan Nusantara.

Makmurnya persada Majapahit juga tidak terlepas dari adanya beberapa ajaran agama luhur yaitu Agama Siwa Buddha (Hindu juga Buddha) dan Animisme yang dianut segenap rakyatnya. Akan tetapi ajaran yang hingga saat ini masih tetap berkembang di tempat asal kerajaan ini berdiri, yaitu ajaran Kejawen. Sebab banyak dipercaya masyarakat Nusantara hingga saat ini, luhurnya ajaran kejawen dapat menata hidup lebih berbudi pekerti.

Dari beberapa kemegahan yang ditinggalkan Negara Majapahit, hingga saat inipun beberapa diantaranya masih digunakan di pemerintahan Indonesia. Salah satunya sejarah terbentuknya polri yang sejak kerajaan Majapahit, sudah menjadi sebuah sistem pertahanan yang cukup kokoh. Hal ini dibuktikan dari luasnya wilayah kekuasaan yang berhasil di taklukkan.

Nah dari beberapa tinggalan luhur diatas, sudah dapat dipastikan betapa megahnya kerajaan Majapahit yang jika dibandingkan dengan luasnya negara indonesia sekarang masih jauh dibawahnya. Untuk itulah perlu kita menelisik sejarah lampau agar dapat menata awal sejarah di masa kini. Semoga informasi diatas, dapat menambah pengetahuan bagi kita semua dan dapat menggugah kesadaran kita untuk tetap melestarikan tinggalan luhur masa lalu. (dats)

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan