Beranda Sejarah Pesona Sejarah Padang Savana Cikasur Gunung Argopuro

Pesona Sejarah Padang Savana Cikasur Gunung Argopuro

0
1050

Bahasan sejarah-budaya.com kali ini, mengenai Padang Savana Cikasur yang menyimpan kenangan pahit di masa lalu. Nah yuk simak saja…!

Padang Savana Cikasur, merupakan sebuah padang ilalang yang terhampar luas di (Gunung Argopuro) ini ternyata menyimpan kisah kelam yang memilukan.

Di tempat ini pernah dijadikan landasan pesawat pada zaman kolonial Belanda. Yang dibangun oleh masayarakat pada masa itu.

Dengan taktik licik para penjajah, awalnya membayar pekerja dengan upah tinggi namun, setelah banyak pekerja lain yang bergabung, Belanda justru tidak membayar dan pekerja pribumi dilarang meninggalkan tempat tersebut.

Baca juga: Peninggalan Dewi Rengganis

Kelicikan mereka semakin menjadi-jadi dengan perintah tambahan untuk membangun saluran air yang memanjang di areal Cikasur.

Setelah galian saluran air selesai, dengan tanpa belas kasih para serdadu Belanda justru menembak para pekerja dengan senjata mereka secara brutal hingga semua pekerja tewas dan terkubur dalam galian yang telah selesai dikerjakan.

Modus licik tersebut dilakukan untuk menghilangkan jejak keberadaan landasan pesawat agar tidak diketahui orang lain.

Terkait dengan kisah misteri dan mistis yang menyelimuti tempat ini, maka setiap pendaki hendaknya mampu menjaga lisan dan tingkah laku selama berada di jalur pendakian untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan. Selain itu, dengan bersikap santun, kita juga telah menghormati pahlawan bangsa yang tewas di tangan kompeni. (dats)

Baca Juga:  Walau Gosong Dilahap Api, Penyadap Aren Tetap Hidup

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here