Segera Akan Tiba, Saat Semua Rahasia Terbongkar

0
268

sejarah-budaya.com – Semua insan keturunan Adam dan Hawa di muka bumi ini, memiliki jalan pikiran berbeda antara satu dengan yang lainnya. Terkadang, seorang berpikiran buruk kepada sesamanya dengan melontarkan tuduhan-tuduhan yang beragam. Kadang kala ada yang dianggap sebagai sosok mulia seperti malaikat yang tak memiliki dosa ataupun sebaliknya.

Baca Juga : Tasawuf Kita Hidup Mengambil Manfaat Dari yang Mati

Jika dinalar dalam kodrat manusia, hidup ini seolah memang membingungkan. Tuduhan-tuduhan buruk maupun antonimnya itu, mungkin merugikan kita dan pujian-pujian mereka membuat kita besar kepala. Padahal sebenarnya, itu semua tidak penting jika di simetriskan dengan hubungan hamba dan Tuhannya.

Baca Juga : Mengenal Suluk Mengungkap Kecintaan Hamba Pada yang Ahad

Kita sering disibukkan dengan penilaian sesama padahal, anggapan mereka justru tidak akan berarti apa-apa.

Topeng-topeng kemewahan, jubah-jubah ketakwaan dan tampilan “orang baik” dihadapan manusia pada akhirnya akan habis sia-sia. Karena kelak di hari kiamat segala sesuatu akan terbongkar dan semua topeng akan tersingkap.

Baca Juga : Separuh Agama Terselesaikan Dengan Menikah dan Hukum Tidak Menikah

Maka jangan terpana oleh pandangan fana manusia. Sadar dan berusaha fokus kepada hakikat sebenarnya dari diri kita. Bagaimana kita sebenarnya? Benar-benar bersih atau hanya pura-pura bersih? Benar-benar bertakwa atau pura-pura bertakwa?

Ingatlah bahwa, tidak ada yang tersembunyi dihadapan-Nya. Wujud asli kita akan tampil dihadapan semua manusia kelak di hari kiamat.

يَوْمَئِذٍ يُوَفِّيهِمُ اللَّهُ دِينَهُمُ الْحَقَّ وَيَعْلَمُونَ أَنَّ اللَّهَ هُوَ الْحَقُّ الْمُبِينُ

Di hari itu, Allah akan memberi mereka balasan yang setimpal menurut semestinya dan tahulah mereka bahwa, Allah-lah yang Benar, lagi Yang menjelaskan (segala sesuatu menurut hakikat yang sebenarnya). (QS.An-Nur:25)

Baca Juga : Sejarah Tujuan Berdirinya Nahdatul Ulama

Maka lakukan semua hanya untuk Allah. Niatkan segala sesuatu demi menggapai kerelaan-Nya. Karena pandangan manusia hanya akan berakhir sia-sia. Sementara seluruh amal kita akan diperlihatkan dihadapan setiap mata.

يَوْمَ تُبْلَى السَّرَائِرُ

Pada hari dinampakkan segala rahasia.” (QS.at-Thariq:9)

Baca Juga : Sejarah NU Paham Sunni Tangkal Paham Khilafah

Semoga artikel ini menjadi tolak ukur kita bersama dalam berlomba mencari manfaat hidup hanya atas ridhonya. Wallahu a’lam ( والله أعلمُ) <dats>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here