Trik Jitu Awetkan Rempah Tanpa Resiko, Ditengah Pandemi Covid-19

0
46

Salah satunya adalah Jahe yang memang dimana-mana sudah mengakui akan khasiatnya dalam mengobati berbagai penyakit kronis.

Walau demikian siapa sangka, rempah herbal yang satu ini banyak dikeluhkan karena sulit mengawetkannya.

Jahe, dikenal karena aromatik dan manfaat kesehatannya, namun jika sembarangan menyimpannya maka jahe akan menjadi kering dan keras serta akan mudah rusak.

Mungkin kita membeli banyak jahe tidak hanya sebagai bahan penyedap masakan tapi juga membuat air rebusan agar selalu sehat  ditambah dengan saat ini dalam masa pandemi Covid-19.

Nah sahabatku semuanya, kali ini mari kita simak sedikit cara mengawetkan jahe agar dapat bertahan lama dan sewaktu-waktu kita butuhkan tinggal disajikan.

Pertama, pastikan beli jahe yang segar sebelum menyimpannya. Jahe yang bagus memiliki kulit halus dan tekstur keras. Disarankan menghindari jahe yang sudah lembek, kusut, dan terlihat berjamur.

Disarankan, untuk membungkus jahe dengan tisu dapur jika ingin lebih awet. Kemudian masukkan ke dalam lemari es. Pastikan setiap potongan jahe terbungkus tisu dapur dengan benar dan tak terpapar udara atau menjadi lembab.

Kemudian cara tepat menyimpan jahe, agar selalu segar dan beraroma baik dengan memasukkannya ke dalam plastik klip tanpa udara. Cara ini bisa membuat jahe tetap segar lebih dari satu bulan.

Selanjutnya, Kupas jahe lalu masukkan stoples yang sudah berisi cairan asam. Cairan tersebut bisa berupa cuka atau perasan lemon. Pastikan mencuci jahe dua hingga tiga kali sehari sebelum menggunakanya.

Selain itu, banyak koki profesional menyarankan untuk menyimpan jahe dengan cara mengupas lalu menghaluskannya. Kemudian masukkan ke dalam wadah tertutup. Simpan dalam freezer maka bisa segar berbulan-bulan.

Juga dapat mengawetkan jahe dengan cara menjemurnya hingga kering lalu ditumbuk halus hingga menjadi bubuk.

Baca Juga:  Trik Nasi Hangat Ala Leluhur Kerajaan Bumi Pertiwi

Satu lagi cara menyimpan jahe agar selalu segar dan tahan lama dengan menggunakan plastic wrap. Bungkus semua jahe satu per satu menggunakan plastic wrap lalu masukkan ke dalam freezer. Gunakan sesuai kebutuhan.

Nah ini sedikit dari kami selamat mencoba dan semoga bermamfaat. (dats)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here