Beranda kesehatan Khasiat Tumbuhan Bidara Tanaman Seribu Manfaat

Khasiat Tumbuhan Bidara Tanaman Seribu Manfaat

0
93

SB – Tumbuhan Bidara atau Widara (Ziziphus Mauritiana) merupakan sejenis pohon kecil berbuah yang mempunyai khasiat dan tumbuh di daerah kering. Tanaman ini dikenal pula dengan berbagai nama daerah Jawa seperti widara atau dipendekkan menjadi dara, Bukol, Bĕkul dan lain sebagainya.

Mungkin tidak semua orang familier dengan tumbuhan yang satu ini. Karakteristik dari pohonnya banyak cabang serta kayunya memiliki duri dan daunnya yang berbentuk elips berwarna hijau.

Siapa sangka ternyata tumbuhan yang buahnya bisa dimakan ini sangat kaya manfaat untuk kesehatan.

Nah, apakah kalian sudah tahu manfaat dari tumbuhan bidara ini ? Yuk langsung saja disimak ulasannya!

Bidara sebagai herbal dalam melancarkan Haid

Dalam hal ini, Wanita merupakan kaum yang sangat diuntungkan oleh manfaat daun bidara ini.
Daun Bidara disebut bisa melancarkan haid karena mampu menyeimbangkan hormon yang bisa membuat siklus haid menjadi teratur.

Untuk merasakan khasiatnya, cukup meminum ekstrak daun bidara yang yang sudah tersedia di apotik terdekat. Jika ingin mengolahnya sendiri maka, rebuslah 11 daun tua bidara dengan 1 liter air hingga mendidih, tiriskan dan dinginkan lalu minum saat akan datang bulan.

Menjaga Kulit Tetap Cantik dan Sehat

Ternyata, keuntungannya bagi kaum hawa tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Menggunakan masker daun bidara secara teratur sangat berkhasiat untuk membuat kulit tetap cantik dan sehat. Daun bidara disebut mampu meremajakan kulit dan melindunginya dari sinar UV.

Untuk Wasir

Untuk mengatasi masalah yang satu ini, cukup minum air rebusan dari daun bidara secara rutin setiap hari. Selain itu, aplikasikan juga daun bidara di area anus yang membengkak.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan antiinflamasi yang terkandung di dalam daun yang satu ini, dapat juga sebagai penyembuhan luka seperti lecet, tergores dan luka akibat terjatuh.

Gunakanlah daun yang sudah kering dan buatlah menjadi serbuk.

Caranya, cukup mencampurkan bubuk dengan sedikit air hingga campuran tersebut berubah menjadi pasta. Setelah itu, oleskan pada bagian yang terluka.

Mengatasi Gangguan Tidur

Jadikan daun bidara sebagai seduhan teh yang efeknya dapat menenangkan dan bisa mengatasi insomnia serta meningkatkan kualitas tidur.

Efek Minum Bidara untuk Rambut

Gunakan air rebusan daun bidara sebagai hair tonic untuk merawat rambutmu. Khasiat dari air rebusan ini disebut dapat mencegah rambut dari kerontokan dan kerusakan. Setelah mengaplikasikan cara ini secara teratur, kamu akan tampil lebih percaya diri.

Mencegah Kanker dan Tumor

Belum banyak yang tahu jika daun bidara dapat membunuh sel-sel kanker. Dimana kandungan di dalamnya ternyata dipercaya dapat menangkal pertumbuhan sel kanker berbahaya yang berisiko tumor.

Teh daun bidara sangat ampun mengatasi diabetes karena dapat menstabilkan kadar gula dalam darah dan mengatur sistem perlindungan terhadap produksi insulin.

Mengatasi Penyakit Diabetes

Teh daun bidara sangat ampun mengatasi diabetes karena dapat menstabilkan kadar gula dalam darah dan mengatur sistem perlindungan terhadap produksi insulin.

Mengusir mahluk Halus

Hal ini sudah banyak diaplikasikan oleh banyak ahli ru’yah. Cukup dengan membacakan ayat-ayat ru’yah sambil menggoreskan kayu Bidara pada penderita.

Nah Itulah beberapa manfaat tumbuhan bidara yang perlu diketahui. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk mengatasi masalah sehari-hari, ya. (Luks)

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan