Legenda Sang Naga di Bukit Bondowoso Part 01

0
51

(Sj) Nah kita simak yuk kisah ini agar kita selalu dapat melestarikan budaya bangsa dan tidak kehilangan jati diri

Dikisahkan dalam kemasan cerita rakyat disebuah bukit yang asri dan wingit terdapat se ekor naga sedang bertapa yang ditunggu oleh seorang resi bernama Loka Timun. Konon, Resi Loka Timun sengaja ikut bertapa disamping sang Naga dengan tujuan ingin merebut mustika boga yang menancap di mahkota naga.

Resi Loka meyakini bahwa, dengan memegang mustika tersebut sebagai piandel (jimat), dirinya mampu menembus 7 lapis langit dan 7 lapis bumi.

Nah, bagai mana cerita lengkapnya… Yuk Cekidot..!

Pada suatu ketika Loka Timun yang sedang mendalami ilmu waskita mendapat suatu mimpi yang sekaligus sebagai petunjuk awal dirinya melakukan tapa berjalan.

Didalam mimpinya, Loka yang kala itu masih muda, diperintah kakeknya yang sudah lama meninggal untuk mencari sebuah ilmu atau pusaka yang dapat membawa dirinya dapat menembus langit tujuh dan bumi tujuh.

Konon, dengan dapat menembus langit tujuh dan bumi tujuh seseorang itu bisa memahami segala sesuatu yang menjadi rahasia sang pencipta. Dengan demikian otomatis dirinya dapat dengan mudah meraih apa saja yang dikehendakinya tanpa harus bersusah payah.

Bermodal keyakinan tersebut, beranjaklah Loka dari kediamannya untuk melakukan perjalanan spiritual atau orang jawa menyebutnya lelono broto menuju arah timur.

Singkat cerita, bergurulah dia disebuah padepokan yang jaraknya sudah cukup jauh dari tempat asalnya. Dalam menjalani masa menjadi murid, Loka sudah mengutarakan niatnya untuk dapat menembus langit tujuh dan bumi tujuh kepada gurunya ribuan kali. Akan tetapi, sang gurupun belum memberikan sesuatu apapun. Selalu saja sang guru mengalihkan pembicaraan saat ditanya perihal tersebut. Bersambung ke legenda-sang-naga-di-bukit-bondowoso-part-02. (dats)

Tinggalkan Balasan