Legenda Sang Naga di Bukit Bondowoso Part 05

0
34

(Sj) Hingga saat ini tempat moksa sang naga dan resi Loka timun dipercaya sebagian kalangan sesepuh berada di Dusun Murina, Desa Cangkring, Kecamatan Prajekan, Kabupaten Bondowoso Jawa Timur.

Penduduk sekitar menamainya sebagai petilasan “Lampetah olar” atau bekas ular dan “Beto Langgar” atau batu surau. Dimana, bekas ular melingkar tersebut dimungkinkan sebagai bekas ular petapa dan sebongkah batu sebagai tempat bertapanya sang resi Loka Timun.

Tempat tersebut saat ini tetap dilestarukan sebagai wana wisata alam oleh Pemerintah setempat. Selain kita dapat menyaksikan bekas dari legenda tersebut, segenap wisatawan akan serasa dimanjakan dengan suguhan pemandangan alam pegunungan yang masih jauh dari kata polusi.

Untuk menjangkau tempat wisata tersebut, tidaklah sulit sebab akses kendaraan roda empat sudah dapat masuk tepat sampai di areal situs.

Namun demikian, terlepas dari benar dan tidaknya legenda tersebut, hendaknyalah kita semua berfikir positif dengan tetap terjaganya kelestarian budaya bangsa tinggalan leluhur.

Agar kelak dikemudian hari, segenap generasi penerus bangsa ini, tidak hilang jati dirinya.

Nah kiranya cukup sekian dulu kita lanjut di momen berikutnya. Out. (dats)

Tinggalkan Balasan